WIKA Bangun Klinik Modular Beri Dukungan Medis ke Korban Gempa Cianjur

ADVERTISEMENT

WIKA Bangun Klinik Modular Beri Dukungan Medis ke Korban Gempa Cianjur

Angga Laraspati - detikNews
Jumat, 09 Des 2022 18:00 WIB
Klinik Modular
Foto: WIKA
Jakarta -

WIKA melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) telah menjangkau 10 titik tanggap bencana di Cianjur dengan nilai Rp 1,9 miliar. Bantuan yang telah diberikan mulai dari alat berat, mendirikan klinik modular hingga tenda darurat dan sembako.

Adapun klinik modular pertama yang dibangun WIKA Group dijadikan sebagai fasilitas kesehatan bagi korban gempa Cianjur. Klinik modular itu sudah mulai beroperasi dan diharapkan dapat memberikan dukungan medis darurat bagi warga yang membutuhkan.

"Salah satu keunggulan pada sistem modular terletak pada metode pemasangan yang lebih praktis dan singkat sehingga klinik darurat yang memiliki luas 162 m2 ini dapat dibangun dalam waktu 5 hari. Klinik modular ini menjadi satu-satunya bangunan yang berdiri sekaligus dapat difungsikan di Desa Salakawung," ungkap Direktur Utama WIKA, Agung Budi Waskito dalam keterangan tertulis, Jumat (9/12/2022).

Agung BW menambahkan pembangunan klinik modular ini juga merupakan yang pertama kali dilakukan pada lokasi bencana di Indonesia terutama karena memenuhi unsur ketahanan terhadap gempa susulan yang berpotensi terjadi.

Pembangunan klinik modular tersebut cukup menantang dikarenakan kondisi medan yang berat akibat puing reruntuhan dan timbunan tanah longsor yang menutup akses jalan sekaligus jalur yang sempit dan memakan waktu tempuh 11 jam.

Walau begitu, 20 unit modular tersebut berhasil dikirimkan dari rumah produksi modular WEGE di Cileungsi menuju titik lokasi.

Bantuan perlengkapan berupa tenda berukuran 6x8 meter dan 7 unit genset pun turut disalurkan oleh WIKA Group sebagai tempat untuk beristirahat masyarakat akibat gempa yang merobohkan rumah mereka.

Selain itu, terdapat tenda darurat yang berfungsi sebagai fasilitas publik berupa musholla, ada pula kamar mandi umum yang dibangun di sejumlah titik terdampak bencana.

Tak hanya sampai di situ, WIKA Group juga menyalurkan bantuan yaitu berupa sembako, air minum, obat-obatan dan keperluan bayi secara langsung. Agung BW menambahkan, bahwa WIKA terus berkoordinasi dengan PT Jasa Marga (Persero) selaku PIC Satgas Cianjur dalam penyaluran bantuan pada titik tanggap bencana.

(fhs/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT