Setjen MPR Raih Penghargaan Meritokrasi 2022 dari KASN

ADVERTISEMENT

Setjen MPR Raih Penghargaan Meritokrasi 2022 dari KASN

Danzel Samuel - detikNews
Jumat, 09 Des 2022 13:40 WIB
Setjen MPR
Foto: MPR
Jakarta -

Sekretaris Jenderal (Setjen) MPR RI Ma'ruf Cahyono menerima Penghargaan Anugerah Meritokrasi Tahun 2022 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Anugerah Meritokrasi ini diberikan kepada Kementerian, Lembaga negara, dan pemerintah daerah yang berhasil menerapkan sistem merit dengan kategori baik dan sangat baik.

Penghargaan ini diserahkan secara langsung oleh Ketua KASN Agus Pramusinto di Jakarta dan diterima oleh Ma'ruf, yang mengatakan terasa sangat istimewa. Karena, penghargaan meritokrasi tersebut merupakan kedua kalinya diterima oleh Ma'ruf, mengingat ia menerima penghargaan serupa pada 2021 lalu.

Mengomentari keberhasilan tersebut, Ma'ruf merasa sangat bahagia memperoleh apresiasi dari KASN. Menurutnya keberhasilan tersebut tak hanya wujud dari capain prestasi, namun juga bukti keberhasilan Setjen MPR dalam melaksanakan reformasi birokrasi telah menghasilkan hasil yang baik di delapan area.

"Ini bukti nyata, bahwa reformasi birokrasi yang dijalankan Setjen MPR, meliputi delapan area perubahan, mencapai hasil yang baik. Delapan area perubahan itu adalah, Manajemen Perubahan, Penataan dan Penguatan Organisasi, Tatalaksana, Peraturan Perundang-undangan, Sumber Daya Manusia Aparatur, Pengawasan, Akuntabilitas dan Pelayanan Publik," ungkap Ma'ruf dalam keteranganya, Jumat (9/12/2022)

Selain bukti keberhasilan reformasi birokrasi, Ma'ruf mengatakan seolah menjadi pengakuan bahwa SDM setjen MPR adalah SDM yang berakhlak di tujuh nilai-nilai ASN yang terwujud. Tujuh nilai-nilainya adalah berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif.

Dengan diraihnya penghargaan meritokrasi, ia berharap pada kedepan sistem pembinaan di lingkungan Setjen MPR akan semakin berkualitas dengan melahirkan ASN yang semakin professional, netral, menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik melalui teknologi informasi. Menurutnya, tujuannya adalah memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

"Penghargaan Meritokrasi, ini adalah buah dari keberhasilan Reformasi Birokrasi, bukan target yang hendak dicapai. Karena tujuan utama dari keberhasilan Reformasi Birokrasi adalah memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Anugerah, ini juga pertanda bahwa MPR siap menjalankan tatalaksana pemerintahan sarwo (serba) elektronik. Membuang jauh-jauh penggunaan kertas dan mewujudkan sistem korespondensi berbasis digital," pungkas Ma'ruf.

(ega/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT