Ketum PKB Kecam Aksi Teror Bom Bandung: Usut Tuntas Kejadian Itu!

ADVERTISEMENT

Ketum PKB Kecam Aksi Teror Bom Bandung: Usut Tuntas Kejadian Itu!

Danica Adhitiawarman - detikNews
Kamis, 08 Des 2022 17:32 WIB
Abdul Muhaimin Iskandar
Foto: PKB
Jakarta -

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar mengecam keras aksi terorisme berupa ledakan bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12). Ia meminta polisi untuk menyelidiki kejadian ini serta meningkatkan pengamanan.

Insiden yang terjadi sekitar pukul 08:20 WIB ini mengakibatkan satu anggota polisi meninggal dunia dan sembilan lainnya luka-luka. Muhaimin menilai perlu dilakukan pengusutan secara tuntas agar teror ini tidak terulang kembali.

"Saya mengecam keras aksi bom bunuh diri di Bandung. Apapun motifnya, teror tidak bisa dibenarkan. Dan saya minta ini diusut tuntas agar tidak lagi terulang," ujar Muhaimin dalam keterangan tertulis, Kamis (8/12/2022).

Ia pun secara khusus mendorong dilakukannya investigasi secara teliti dan menyeluruh kepada Kepolisian melalui Satuan Penyidik Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror bersama Badan Intelijen Negara (BIN) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

"Sekali lagi, usut tuntas kejadian itu, termasuk apakah ada potensi pelaku berafiliasi dengan jaringan teroris atau kelompok radikal," ucapnya.

Selain itu, Muhaimin menyatakan aparat keamanan perlu lebih mengintensifkan dan meningkatkan upaya pengamanan di wilayah masing-masing. Ia juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama memerangi terorisme.

"Ya perlu diintensifkan lagi pengamanan dan ini tugas aparat. Tapi tentu langkah pengamanan saja tidak cukup. Teror begitu musuh kita semua, bukan cuma aparat. Jadi kita harus bersama-sama wawas diri," pungkasnya.

(fhs/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT