KPK Tahan Hakim Agung Gazalba Saleh Tersangka Suap

ADVERTISEMENT

KPK Tahan Hakim Agung Gazalba Saleh Tersangka Suap

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Kamis, 08 Des 2022 17:15 WIB
Gazalba Saleh
Gazalba Saleh (Hanafi/detikcom)
Jakarta -

KPK menahan hakim agung Gazalba Saleh. Gazalba Saleh merupakan tersangka dalam kasus suap penanganan perkara di lingkungan Mahkamah Agung (MA).

Pantauan detikcom di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (8/12/2022), pukul 17.03 WIB, Gazalba Saleh turun dari ruang pemeriksaan penyidik KPK. Dia tampak telah mengenakan rompi tahanan KPK berwarna oranye.

Dia tampak digiring sejumlah petugas KPK menuju ruang konferensi pers. Selain itu, tangan Gazalba diborgol.

Wakil Ketua KPK Johanis Tanak menyebut perkara yang menjerat Gazalba ini merupakan pengemban dari kasus yang menjerat Hakim Agung Sudrajad Dimyati. Kemudian, dengan kecukupan alat bukti, KPK menetapkan Gazalba Saleh beserta dua orang lainnya dalam perkara ini.

"Dalam proses penyidikan perkara dengan Tsk SD dkk, KPK kemudian menemukan kecukupan alat bukti mengenai adanya dugaan perbuatan pidana lain dan ditindaklanjuti ke tahap penyidikan dengan menetapkan dan mengumumkan Tersangka, GS selaku Hakim Agung pada Mahkamah Agung RI; PN selaku Hakim Yustisial, Panitera Pengganti pada Kamar Pidana MA RI dan Asisten Hakim Agung GS dan RN selaku Staf Hakim Agung GS," kata Wakil Ketua KPK Johanis Tanak dalam konferensi pers, Kamis (8/12/2022).

Kemudian, guna proses penyidikan KPK bakal menahan Gazalba Saleh untuk 20 hari pertama. Dia bakal mendekam di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur.

"Guna kebutuhan dari penyidikan, Tim Penyidik menahan Tersangka GS dengan waktu masing-masing selama 20 hari pertama, dimulai tanggal 8 Desember 2022 sampai dengan 27 Desember 2022," sebutnya.

Sebelumnya, hakim agung Gazalba Saleh memenuhi panggilan kedua KPK dan tiba pagi tadi di lobi pukul 09.50 WIB. Dia terlihat didampingi sejumlah orang.

Gazalba terlihat mengenakan batik berwarna biru dan dilapisi jaket berwarna cokelat. Selesai melakukan pengurusan administratif di lobi, Gazalba duduk di ruang tunggu sebelum diperiksa penyidik di lantai dua.

Simak Video: Hakim Agung Gazalba Saleh Tersangka KPK Hadiri Pemeriksaan

[Gambas:Video 20detik]



(mha/dek)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT