Kebakaran di Kemenkumham, Pegawai Panik Lihat Asap Sampai Lantai 11

ADVERTISEMENT

Kebakaran di Kemenkumham, Pegawai Panik Lihat Asap Sampai Lantai 11

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Kamis, 08 Des 2022 12:44 WIB
Kantor Kemenkumham terjadi kebarakaan hari ini, Kamis (8/12). Saat ini, petugas sudah menangani peristiwa tersebut.
Suasana pegawai Kemenkumham saat kebakaran terjadi, 8 Desember 2022. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Kebakaran terjadi di salah satu bagian gedung Sentra Mulia kompleks perkantoran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Sejumlah pegawai mengaku panik melihat asap yang membumbung tinggi.

Salah satu pegawai yang tak ingin disebut namanya bekerja di lantai 11. Saat kebakaran terjadi, dia panik lantaran asap telah terlihat dari ruangannya.

"Panik, sempet panik sih. Soalnya asap udah sampai ke lantai atas. Katanya sih dari lantai 5. Saya kerja di lantai 11," ujar dia saat ditemui di lokasi Kantor Kemenkumham, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (8/11/2022).

Pantauan detikcom, di lokasi, hingga pukul 12.30 WIB, sejumlah pegawai masih tampak berada di pekarangan perkantoran Kemenkumham. Mereka terlihat duduk menunggu di lokasi aman yang jauh dari titik sumber api.

Selain itu, sejumlah mobil pemadam kebakaran medium dan light pressure pump masih berjaga. Para petugas damkar juga tampak menggunakan pakaian lengkap.

Koordinator Humas Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Tugagus Erif Faturahman, menyampaikan seluruh pegawai Kemenkumham telah dievakuasi ke luar gedung melalui tangga darurat, sesuai prosedur keselamatan.

Tahanan WNA dievakuasi

Kebakaran terjadi di salah satu gedung perkantoran di kompleks perkantoran Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Jakarta Selatan. Sejumlah narapidana (napi) warga negara asing (WNA) diboyong ke luar gedung.

Pantauan detikcom di lokasi, Kamis (8/12/2022) pukul 11.40 WIB, para napi tersebut terlihat keluar dari gedung yang diduga tempat sumber api berasal. Mereka tampak mengenakan baju tahanan berwarna oranye bertulisan 'Deteni Ditjenim'.

Para tahanan tersebut tampak digiring petugas keamanan. Mereka dibawa ke tempat lain guna meminimalkan kejadian yang tidak diinginkan.

Hingga saat ini, para pegawai Kemenkumham masih berada di pekarangan. Mereka masih menunggu sampai diperbolehkan masuk.

Kantor Kemenkumham terjadi kebarakaan hari ini, Kamis (8/12). Saat ini, petugas sudah menangani peristiwa tersebut.Kantor Kemenkumham terjadi kebarakaan hari ini, Kamis (8/12). Saat ini, petugas sudah menangani peristiwa tersebut. Foto: Rifkianto Nugroho

Salah satu pegawai menyebut kebakaran itu terjadi di lantai 5, di bagian belakang gedung. Namun, dia tak menjelaskan secara rinci ruangan apa yang terbakar.

"Kebakaran katanya di lantai 5, sana dari belakang," kata salah satu pegawai yang tak ingin disebut namanya kepada detikcom di lokasi.

Selain itu, setidaknya dari pantauan, ada 4 mobil medium pressure pemadam kebakaran serta beberapa mobil light pressure. Mobil-mobil tersebut hingga saat ini masih berjaga di lokasi.

Simak Video 'Kantor Kemenkumham Terbakar!':

[Gambas:Video 20detik]



(mha/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT