Jokowi Tambah Nilai Bantuan Perbaikan Rumah Korban Gempa Cianjur

ADVERTISEMENT

Jokowi Tambah Nilai Bantuan Perbaikan Rumah Korban Gempa Cianjur

Ikbal Selamet - detikNews
Kamis, 08 Des 2022 12:27 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menambah nilai bantuan atau stimulan bagi warga Cianjur yang rumahnya rusak akibat gempa. Penambahan stimulan mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 10 juta, tergantung tingkat kerusakan.

Penambahan nilai bantuan itu disampaikan Jokowi saat penyerahan bantuan tahap pertama kepada 8.100 korban gempa yang rumahnya rusak di Kabupaten Cianjur.

Jokowi mengatakan bantuan bagi warga yang rumahnya terdampak awalnya Rp 50 juta untuk rusak berat, Rp 25 juta untuk rumah rusak sedang, dan Rp 10 juta untuk rumah rusak ringan.

"Hari ini sudah diserahkan kurang lebih 8.100 bantuan untuk Bapak-Ibu semuanya," ujar Jokowi seperti dikutip dari detikJabar, Kamis (8/12/2022).

Namun Jokowi mengatakan nilai bantuan tersebut sama dengan bantuan pada korban bencana di NTB dan Palu. Setelah berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan, lanjut Jokowi, ternyata masih ada anggaran tersedia. Sehingga diputuskan bantuan untuk korban bencana Cianjur ditambah.

Dengan kebijakan itu, korban gempa yang rumahnya rusak ringan akan mendapatkan stimulan Rp 15 juta, rusak sedang Rp 30 juta, dan rusak berat Rp 60 juta.

"Tadi malam saya hitung-hitung lagi dan saya menyampaikan ke Kementerian Keuangan, ada uang atau tidak, ternyata masih ada sedikit. Sehingga saya putuskan yang Rp 50 juta jadi Rp 60 juta, yang Rp 25 juta jadi Rp 30 juta, dan yang Rp 10 juta jadi Rp 15 juta," katanya.


Artikel ini telah tayang di detikJabar. Baca berita selengkapnya di sini.

(knv/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT