Daftar Korban Bom Astana Anyar, Ini Jumlah dan Identitasnya

ADVERTISEMENT

Daftar Korban Bom Astana Anyar, Ini Jumlah dan Identitasnya

Tim detikJabar - detikNews
Kamis, 08 Des 2022 11:41 WIB
Korban bom Astana Anyar di Bandung, Jawa Barat telah teridentifikasi. Beberapa anggota polisi luka-luka dan satu polisi. Satu warga juga menjadi korban.
Pemakaman korban bom Astana Anyar (Foto: ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI)
Jakarta -

Korban bom Astana Anyar di Bandung, Jawa Barat telah teridentifikasi. Seperti diketahui, telah terjadi ledakan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung pada Rabu (7/12/2022).

Akibatnya, beberapa anggota polisi luka-luka dan satu meninggal dunia. Simak ulasan di bawah ini.

Kronologi dan Korban Bom Astana Anyar

Bom meledak di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat pada Rabu (7/12/2022) pagi. Dilaporkan, ledakan bom terjadi ketika polisi sedang apel pagi.

"Pukul 08.20 WIB, Polsek Astana Anyar sedang apel, satu orang laki-laki masuk ke polsek mengancungkan senjata tajam," kata Kapolres Bandung Komisaris Besar Aswin Sipayung, seperti dikutip detikcom, Kamis (8/12/2022).

Ledakan tersebut membuat sejumlah anggota polisi luka-luka. Selain itu, satu warga juga ikut menjadi korban.

Potret salah satu korban bom Astana Anyar yang bernama Aiptu Sofyan Didu. Ia meninggal dunia akibat luka di leher.Potret salah satu korban bom Astana Anyar yang bernama Aiptu Sofyan Didu. Ia meninggal dunia akibat luka di leher. (Foto: Istimewa)

Daftar Nama Korban Bom Astana Anyar

Dilansir detikJabar, 11 orang menjadi korban dalam peristiwa tersebut. Satu orang polisi mengalami kritis dan meninggal dunia.

"Akibat ledakan itu, 11 orang menjadi korban, terdiri atas 10 polisi, satunya anggota meninggal dunia atas nama Sofyan, 9 masih dalam kategori luka-luka diakibatkan pecahan serpihan ledakan tersebut," kata Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana, seperti dilansir detikJabar, Kamis (8/12/2022).

Dari 11 korban, satu di antaranya adalah masyarakat yang melintas di lokasi kejadian. Berikut adalah daftar nama korban bom Astana Anyar.

  • Korban Luka:
  1. Iptu Suparyana: Luka robek kaki kanan bagian betis
  2. Ipda Asim: Luka di pergelangan tangan dan betis bagian kanan
  3. Aipda Agus: Luka di pergelangan tangan kiri, trauma kepala karena terpental
  4. Iptu Wawan: Luka di kaki, lima jahitan
  5. Ipda Zainal: Luka di kaki, tujuh
  6. Iptu Susi: Luka di kaki, satu jahitan
  7. Aiptu Heryanto: Luka berat di kaki
  8. Nurhasanah (36 tahun): Luka sekitar dada.
  • Korban Meninggal Dunia:
  1. Aiptu Sofyan Didu.

Penghargaan untuk Aiptu Sofyan Didu

Aiptu Sofyan Didu meninggal dunia karena ledakan bom di Polsek Astana Anyar, Bandung. Ia mengalami luka di bagian leher.

"Luka di leher, urat nadi kena di sini (sambil tunjuk leher)," kata Salman, kakak dari Aiptu Sofyan Didu, dikutip detikcom, Kamis (8/12/2022).

Polri memberikan penghargaan kenaikan pangkat luar biasa (KPLB) anumerta kepada Sofyan Didu karena meninggal dunia saat bertugas. Sofyan Didu yang semula berpangkat Aipda, kini menjadi Aiptu Anumerta.

Siapa Pelaku Bom Astana Anyar?

Pelaku bom Astana Anyar adalah seorang laki-laki bernama Agus Sujatno (34). Ia berasal dari Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat.

Ia tinggal di sebuah rumah kos wilayah Desa Siwal, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Di sana, ia menetap bersama istrinya.

Ternyata, Agus merupakan salah satu pelaku bom Cicendo, Bandung tahun 2017. Ia bebas pada tahun 2021 dari Nusakambangan setelah menjalani hukuman selama empat tahun.

Selain 11 orang korban bom Astana Anyar, Agus juga meninggal dunia di lokasi kejadian pasca ledakan tersebut.

Simak Video 'Fakta-fakta Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Bandung':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT