Ajukan Dangdut Jadi Warisan Budaya Tak Benda, Sandiaga Temui Rhoma Irama

ADVERTISEMENT

Ajukan Dangdut Jadi Warisan Budaya Tak Benda, Sandiaga Temui Rhoma Irama

Devi Puspitasari - detikNews
Rabu, 07 Des 2022 22:49 WIB
Sandiaga Uno temui Rhoma Irama
Foto: Sandiaga Uno temui Rhoma Irama. (Devi/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif (Kemenparekraf) mengajukan sektor dangdut sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO. Menparekraf Sandiaga Uno tak ingin dangdut diklaim negara lain.

"Kemenparekraf sedang mengajukan dangdut sebagai warisan budaya tak benda. Sedang kami siapkan dokumentasinya dan pengajuannya kerja sama dengan kementerian dan lembaga lainnya juga," kata Sandiaga kepada wartawan di Soneta Record, Sukma Jaya, Depok, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022).

Sandi mengatakan hal tersebut adalah bentuk upaya Kemenparekraf agar dangdut tercatat pada UNESCO. Dia mengatakan dangdut merupakan identitas budaya Indonesia.

"Musik dangdut yang menjadi kebanggaan bangsa dan identitas budaya. Kita ingin segera mengajukan ini supaya ini tercatat dan supaya juga ini nanti tidak diklaim negara lain," jelas Sandi.

Sandi menjelaskan terdapat puluhan juta orang menggantungkan hidupnya pada sektor musik dangdut. Hal tersebut menjadi faktor pendukung Kemenparekraf untuk mengajukan dangdut sebagai warisan budaya ke UNESCO.

"Kita mendapat informasi dari bang haji Rhoma Irama bahwa puluhan juta orang Indonesia yang menggantungkan hidupnya di sektor musik khususnya genre dangdut," kata Sandi.

(idn/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT