Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf Kini Ditahan di Sel Terpisah

ADVERTISEMENT

Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf Kini Ditahan di Sel Terpisah

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 07 Des 2022 17:54 WIB
Kuat-Ricky
Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf (Foto: 20Detik)
Jakarta -

Ketua majelis hakim Wahyu Iman Santosa memberikan penetapan penahanan terhadap terdakwa Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf. Anak buah Ferdy Sambo itu akan ditahan di rutan terpisah agar tidak terjalin komunikasi satu sama lain.

"Menetapkan, satu memindahkan tempat penahanan Ricky Rizal dari Rutan Bareskrim Mabes Polri menjadi ke Rutan Salemba cabang Kejagung," kata ketua majelis hakim Wahyu, saat membacakan penetapan, di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Rabu (7/12/2022).

Majelis hakim berpendapat pemisahan sel tersebut perlu dilakukan agar kedua terdakwa tidak saling berkomunikasi dan untuk kepentingan pemeriksaan di persidangan.

Diketahui awalnya kedua terdakwa, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf, ditahan di sel yang sama di Rutan Bareskrim Polri. Kini keduanya akan ditahan di sel terpisah.

"Berdasarkan permohonan JPU, maka majelis hakim perlu pindahkan rutan Ricky Rizal di Rutan Salemba agar terdakwa Kuat dan Ricky Rizal tidak saling berhubungan," katanya.

Duduk dalam sidang ini terdakwanya adalah Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf.

Eliezer didakwa bersama-sama dengan Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Kuat Ma'ruf, dan Bripka Ricky Rizal melakukan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat. Eliezer disebut dengan sadar dan tanpa ragu menembak Yosua.

Dalam perkara ini, para terdakwa didakwa melanggar Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

(yld/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT