Siapa Lord Rangga? Biodata Mendiang Rangga Sasana Petinggi Sunda Empire

ADVERTISEMENT

Siapa Lord Rangga? Biodata Mendiang Rangga Sasana Petinggi Sunda Empire

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 07 Des 2022 13:31 WIB
Siapa Lord Rangga? Lord Rangga dikenal sebagai petinggi Sunda Empire tersebut meninggal dunia pada Rabu (7/12/2022) pagi karena sakit. Ini sosoknya.
Lord Rangga (Foto: Instagram Lord Rangga)
Jakarta -

Siapa Lord Rangga? Nama Lord Rangga sedang ramai diperbincangkan. Pria yang dikenal sebagai petinggi Sunda Empire tersebut meninggal dunia pada Rabu (7/12/2022) pagi karena sakit.

Jenazah Lord Rangga akan dimakamkan siang ini. Simak informasi yang diketahui soal Lord Rangga.

Siapa Lord Rangga? Petinggi Sunda Empire

Lord Rangga atau Raden Rangga Sasana adalah petinggi perkumpulan Sunda Empire yang heboh pada Januari 2020. Rangga yang menjadi petinggi sekaligus pemimpin Sunda Empire meyakini bahwa tatanan dunia perlu diatur kembali. Selain itu, ia menyebut Sunda Empire sebagai kekaisaran di bumi.

Siapa Lord Rangga? Lord Rangga dikenal sebagai petinggi Sunda Empire tersebut meninggal dunia pada Rabu (7/12/2022) pagi karena sakit. Ini sosoknya.Siapa Lord Rangga? Lord Rangga dikenal sebagai petinggi Sunda Empire tersebut meninggal dunia pada Rabu (7/12/2022) pagi karena sakit. Ini sosoknya. (Foto: Dony Indra Ramadhan)

Dipenjara karena Berita Bohong

Perkumpulan Sunda Empire dianggap meresahkan warga. Rangga beserta dua petinggi Sunda Empire ditangkap oleh Tim Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Jawa Barat pada 28 Januari 2020.

Rangga divonis dua tahun penjara dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Senin (27/10/2020). Ia dinyatakan terbukti menyebarkan berita bohong dan menjadi tersangka.

Lord Rangga Bebas Lewat Program Asimilasi

Setelah menjalani hukuman penjara, Rangga bebas pada 23 April 2021. Rangga bebas bersama petinggi Sunda Empire Nasri Banks dari Lapas Narkotika Kelas 1A Bandung atau Lapas Banceuy.

Lord Rangga Coba Dunia Content Creator, Iklan, Hingga Jadi Manajer Sepakbola

Usai bebas, Rangga mulai mencoba dunia content creator. Rangga muncul dalam acara Podcast Close The pada 19 Mei 2021 dan berbincang-bincang dengan Coki Pardede, Tretan Muslim, dan Deddy Corbuzier.

Selama podcast berlangsung, Rangga mengeluarkan sejumlah pernyataan yang mengundang gelak tawa terkait tatanan dunia. Oleh karena itu, ia mendapatkan julukan Lord Rangga.

Kemudian, Lord Rangga aktif menjadi content creator lewat akun Instagramnya, @lordranggaofficial. Ia semakin sering diundang ke berbagai acara podcast dan televisi, hingga sempat menjadi bintang iklan serta berakting di sebuah film.

Lord Rangga juga sempat menjadi Manajer Persab Brebes yang berlaga di Liga 3.

Lord Rangga Sempat Bikin Buku

Sebelum meninggal dunia, Lord Rangga sempat membuat buku tentang kekaisaran Sunda Empire. Buku tersebut sudah tahap finalisasi.

"Kebetulan kemarin juga sudah sempat kita sama Pak Rangga itu mau bikin buku terkait perjuangan kita selama di Bandung. Jadi sudah dibukukan tinggal finalisasi saja, kata pengantar sama beberapa substansi," kata Erwin Syaharuddin, pengacara Raden Rangga, saat dihubungi detikcom, Rabu (7/12/2022)

"Bukunya lebih kepada fenomena kerajaan di nusantara pada umumnya yang ada di Wikipedia dan beberapa tulisan di media, kemudian ada teori Sunda Empire bagaimana gagasan mereka tentang tata negara Sunda Empire itu seperti apa, kemudian di sana juga ada modus operandi. Sebenarnya Sunda Empire itu datang itu muncul itu karena dasar apa sih, serta merta atau apa?" tambahnya.

Lord Rangga Meninggal Dunia

Lord Rangga menghembuskan napas terakhir pada Rabu (7/12/2022) di Rumah Sakit Islam Mutiara Bunda Tanjung, Kabupaten Brebes. Pengacara Raden Rangga, Erwin Syaharuddin membenarkan kabar tersebut.

"Betul (meninggal dunia). Tadi pagi saya sudah konfirmasi ke anaknya, Umar Sasana," ujar pengacara Rangga Sunda Empire, Erwin, Rabu (7/12/2022).

Adik kandung Lord Rangga, Harto Paryono mengatakan Rangga meninggal karena kelelahan.

"Beliau terlalu capek, tidak berdaya hingga akhirnya hari ini beliau dipanggil Yang Maha Kuasa," kata Harto, saat dihubungi detikcom lewat telepon, Rabu (7/11/2022).

Harto bercerita jika selama seminggu belakangan, Lord Rangga disibukkan dengan berbagai kegiatan di Jakarta bersama manajemennya mulai dari membuka kantor baru, syuting, hingga mengisi podcast. Karena terlalu capek, Lord Rangga pun sakit dan diopname di rumah sakit.

"Seminggu lalu Senin Selasa (di Jakarta), balik di hari Sabtu karena memang di Kamis buka kantor. Bersama saya, saya kawal terus di hotel dan lain-lain. Ada syuting juga di Penjaringan, kemudian dari situ (mengisi) podcast, kemudian banyak tamu-tamu yang datang ke kantor sehingga kecapean," ucap Harto.

"Sebenarnya sudah terasa dia semenjak habis dari syuting, terlalu capek. Itu saja," tambahnya.

(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT