8 RT di Jakut Terendam Banjir Rob, Ketinggian Air Capai 30 cm

ADVERTISEMENT

8 RT di Jakut Terendam Banjir Rob, Ketinggian Air Capai 30 cm

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 07 Des 2022 11:54 WIB
Calon penumpang antre untuk menaiki kapal motor saat terjadinya banjir rob di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta, Rabu (5/1/2022). Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), adanya fase bulan baru yang bersamaan dengan masa Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) menyebabkan terjadinya peningkatan secara signifikan ketinggian pasang air laut mencapai maksimum. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Ilustrasi banjir rob di Jakut (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta -

Sebanyak 8 RT di Jakarta Utara dilanda banjir pesisir atau banjir rob hari ini. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan ketinggian air berkisar 20-30 cm.

"BPBD mencatat saat ini terdapat 8 RT atau 0,026% dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kasatpel Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta Michael Sitanggang dalam keterangan tertulis, Rabu (7/12/2022).

Michael menjelaskan banjir rob disebabkan fenomena pasang air laut. Setidaknya per pukul 10.30 WIB, ada tiga kelurahan di Jakarta Utara yang terdampak rob.

"Berdasarkan pada informasi waspada banjir pesisir yang dirilis BMKG untuk periode tanggal 6-13 Desember 2022, saat ini (6/12) terjadi pasang air laut yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (ROB) di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta," jelasnya.

Sejauh ini, BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, dan Dinas Gulkarmat untuk menyedot genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama para lurah dan camat setempat. Genangan ditargetkan surut dalam waktu cepat.

"BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," ucapnya.

Berikut rincian titik banjir rob per hari ini pukul 10.30 WIB:

1. Kelurahan Pluit
- Jumlah: 5 RT
- Ketinggian: 20 s.d 25 Cm
- Penyebab: ROB

2. Kelurahan Marunda
- Jumlah: 2 RT
- Ketinggian: 30 Cm
- Penyebab: ROB

3. Kelurahan Koja
- Jumlah: 1 RT
- Ketinggian: 20 Cm
- Penyebab: ROB

Simak juga 'Waspada! Awal dan Akhir Desember Pesisir Semarang Hadapi Puncak Pasang';

[Gambas:Video 20detik]



(taa/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT