Lord Rangga 'Sunda Empire' Sempat Bikin Buku Sebelum Meninggal

ADVERTISEMENT

Lord Rangga 'Sunda Empire' Sempat Bikin Buku Sebelum Meninggal

Mei Amelia R - detikNews
Rabu, 07 Des 2022 11:30 WIB
Petinggi Sunda Empire Raden Rangga
Foto: Petinggi Sunda Empire Raden Rangga (dok. pribadi)
Jakarta -

Pimpinan 'Sunda Empire', Raden Rangga Sasana atau biasa disebut Lord Rangga meninggal dunia tadi pagi. Sebelum meninggal dunia, Lord Rangga dikabarkan sempat membuat buku tentang kekaisaran Sunda Empire.

Hal tersebut diungkapkan oleh Erwin Syaharuddin, pengacara Raden Rangga. Erwin mengatakan buku tersebut sudah dalam tahap finalisasi.

"Kebetulan kemarin juga sudah sempat kita sama Pak Rangga itu mau bikin buku terkait perjuangan kita selama di Bandung. Jadi sudah dibukukan tinggal finalisasi saja, kata pengantar sama beberapa substansi," kata Erwin saat dihubungi detikcom, Rabu (7/12/2022).

Erwin mengatakan buku tersebut di antaranya berisi momen dirinya ketika mengadvokasi Raden Rangga semasa jadi tahanan di kasus 'Sunda Empire'. Buku tersebut juga memuat tentang kekaisaran di tanah Sunda dalam versi Lord Rangga.

"Bukunya lebih kepada fenomena kerajaan di nusantara pada umumnya yang ada di Wikipedia dan beberapa tulisan di media, kemudian ada teori Sunda Empire bagaimana gagasan mereka tentang tata negara Sunda Empire itu seperti apa, kemudian di sana juga ada modus operandi. Sebenarnya Sunda Empire itu datang itu muncul itu karena dasar apa sih, serta merta atau apa?" tuturnya.

Buku itu nantinya juga akan menyelipkan biografi singkat Raden Rangga 'Sunda Empire' dalam perspektif Erwin selaku pengacara dan teman dekat.

"Kemudian ada juga kisah terkait dengan kedua anak dari Sunda Empire di Bandung yang melancong ke luar negeri tapi jadi tahanan imigrasi. Terus paling setelahnya ada khusus biografi tentang Lord Rangga atau Rangga Sasana, cuma memang dalam perspektif saya sebagai pengacaranya juga berteman sama beliau," jelasnya.

Raden Rangga meninggal dunia di rumah sakit di Brebes, Jawa Tengah, pada pukul 05.30 WIB. Sebelum meninggal, Erwin mengatakan Rangga memang punya riwayat penyakit.

"Ya kemungkinan besar karena sakit, karena kalau kecelakaan kan informasinya sudah clear," katanya.

Erwin mengaku belum tahu penyakit apa yang diderita Lord Rangga. Namun, Erwin mengetahui sebelumnya Rangga 'Sunda Empire' punya riwayat penyakit ketika menjadi tahanan polisi.

"Karena dulu pas di RS Bhayangkara pas jadi tahanan di Polda itu kan sempat dirujuk ke RS Bhayangkara. Kalau dulu sih kaitannya dengan perut kurang lebih," katanya.

Simak Video 'Mengenang Lord Rangga, Mantan Petinggi Sunda Empire yang Tutup Usia':

[Gambas:Video 20detik]



(mei/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT