Momen Luhut Bertemu Menhan Madagaskar yang Ternyata Lulusan Seskoad Bandung

ADVERTISEMENT

Momen Luhut Bertemu Menhan Madagaskar yang Ternyata Lulusan Seskoad Bandung

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 23:03 WIB
Menteri Pertahanan Nasional Madagaskar, Leon-Jean Richard Rakotonirina berfoto bersama Luhut Binsar Pandjaitan (Dok istimewa)
Menteri Pertahanan Nasional Madagaskar, Leon-Jean Richard Rakotonirina, berfoto bersama Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Menteri Pertahanan Nasional Madagaskar, Leon-Jean Richard Rakotonirina, pernah menempuh pendidikan di Indonesia. Ia adalah lulusan Sekolah Komando Angkatan Darat (Seskoad) Bandung tahun 2001.

"Menteri Richard juga menempuh pendidikan kemiliteran di Indonesia, yaitu di Sesko AD Bandung (2001), Sesko TNI di Bandung (2005), dan pendidikan di Lemhanas pada tahun 2011," rilis Biro Komunikasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dalam keterangannya, Selasa (6/12/2022).

Richard memiliki darah Indonesia dari sisi ayah. Pria kelahiran 9 April 1963 itu juga bisa berbahasa Indonesia.

Richard memberikan kejutan dengan menggunakan bahasa Indonesia pada saat menyampaikan paparan di Side-Event Konferensi Blue Innovation Solution, Senin (5/12).

Di konferensi yang turut mengundang sektor swasta, akademisi, lembaga masyarakat, inovator, dan startups, Richard menyampaikan materi mengenai solusi cerdas dan inovatif yang dihasilkan masyarakat pulau dan kepulauan untuk memecahkan permasalahan perubahan iklim, optimalisasi sumber daya kelautan, dan melindungi lingkungan laut dari pencemaran.

Hal ini sejalan dengan isu yang menjadi fokus kerja sama Forum AIS yang yang dibangun di atas prinsip inklusif, solidaritas, keadilan, dan timbal balik.

"Mari satukan upaya kita dan eratkan kolaborasi untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan masa depan yang lebih baik," kata Richard.

Richard juga sempat bertemu dengan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan untuk membahas isu perairan strategis dan kerja sama negara-negara berkembang melalui Emerging Economies Cooperation sebagai tindak lanjut rangkaian Pertemuan KTT G20.

"Ini akan memperkuat kerja sama selatan-selatan terutama peluang kerja sama industri strategis, perdagangan, dan infrastruktur," imbuh Menko Luhut.

Selain itu, Luhut menyambut para menteri dan perwakilan 24 negara sahabat dan organisasi internasional dalam acara jamuan makan malam di Museum Pasifika, Bali.

(isa/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT