Fase 4 MRT Fatmawati-Kampung Rambutan Bakal Punya 10 Stasiun Bawah Tanah

ADVERTISEMENT

Fase 4 MRT Fatmawati-Kampung Rambutan Bakal Punya 10 Stasiun Bawah Tanah

Mulia Budi - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 17:13 WIB
Pemprov DKI Jakarta menggratiskan tarif TransJakarta, MRT, dan LRT Jakarta hari ini. Tarif khusus itu hanya berlaku saat HUT ke-495 DKI Jakarta pada 22 Juni.
Ilustrasi MRT (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Pembangunan fase 4 MRT Jakarta dari Fatmawati hingga Kampung Rambutan akan dimulai pada 2025. Fase 4 tersebut ditargetkan memiliki 10 stasiun bawah tanah.

"Plannya 2025 semoga ini bisa kita capai," kata Direktur Utama (Dirut) PT Mass Rapid Transit (MRT), Tuhiyat, di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (6/12/202).

Tuhiyat mengatakan akan ada 10 stasiun dalam pembangunan fase 4 MRT tersebut. Dia menuturkan pihaknya telah melakukan preliminary survey, design, hingga riset.

"Progres sampai sekarang kita sudah punya preliminary survey, design, riset ya. Kenapa jalur itu secara dedicated disetujui oleh Menhub dan Pemprov," ujarnya.

Dia mengatakan 10 stasiun MRT tersebut sepenuhnya akan berada di bawah tanah atau fully underground. Tahap selanjutnya, dia menyebut pihaknya akan melakukan pendetailan.

"Jadi fully underground sesuai dengan presurvey kemudian ini akan didetailkan. Pendetailan adalah step berikutnya, pendetailan dari trase ini, karena rencananya kan kita ada 10 stasiun kemudian plus 1 depo," ujarnya.

Selain itu, Tuhiyat mengatakan pihaknya akan membangun sebuah depo MRT di kawasan tersebut. Dia menyebut MoU pembangunan fase 4 itu telah dilakukan pada 14 November 2022 di acara G20.

"Bagaimana pendetailan ini dilakukan kita koordinasi dengan 4 pihak, kami MRT, Pemprov DKI, Menhub, dan rencana dengan pihak Korea," ujarnya.

(aik/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT