Jokowi: Belanja Produk Dalam Negeri Wajib, Tak Bisa Ditawar Lagi!

ADVERTISEMENT

Jokowi: Belanja Produk Dalam Negeri Wajib, Tak Bisa Ditawar Lagi!

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 16:45 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan jajarannya untuk meningkatkan belanja produk dalam negeri. Jokowi mengatakan belanja produk dalam negeri merupakan salah satu strategi di tengah situasi ekonomi dunia yang sedang sulit.

"Yang ketiga yang berkaitan dengan strategi besar di tengah situasi ekonomi dunia yang sedang bergejolak, saya ingin mengingatkan kembali yang berkaitan dengan konsumsi, peningkatan konsumsi. Terutama yang berkaitan dengan belanja belanja dari pemerintah," kata Jokowi dalam pengantarnya di Sidang Kabinet Paripurna, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (6/12/2022).

Jokowi menilai APBD, APBN, ataupun belanja BUMN harus bisa menaikkan konsumsi masyarakat. Dia menegaskan pembelanjaan produk dalam negeri merupakan hal yang wajib, tak bisa ditawar lagi.

"Belanja APBN, belanja APBD, belanja BUMN harus diikuti dikontrol agar bisa menaikkan konsumsi masyarakat. Sehingga yang namanya pembelian produk-produk dalam negeri itu wajib. Tidak bisa ditawar lagi," ujarnya.

Ingatkan Mendagri soal Inflasi

Jokowi juga memberikan pengarahan terkait inflasi. Jokowi menginstruksikan Mendagri Tito Karnavian terus menyampaikan terkait pengendalian inflasi di daerah.

"Saya meminta pada Mendagri untuk terus menyampaikan kepada kepala daerah dalam pengendalian inflasi. Ini sudah dilakukan tapi ada beberapa daerah yang belum tolong diberikan peringatan dan ini kelihatan sekali inflasi dari 3 bulan yang lalu 5,9, lari turun ke 5,7, lari turun ke 5,4," ucapnya.

"Ini artinya daerah sudah melakukan tetapi bisa masih di berikan peringatan lagi agar semua melakukan dan saya lihat nanti akan turun dan turun lagi," lanjut Jokowi.

(eva/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT