Kapan Kaesang Menikah? Tanggal, Lokasi, Rangkaian Acara Pernikahan

ADVERTISEMENT

Kapan Kaesang Menikah? Tanggal, Lokasi, Rangkaian Acara Pernikahan

Tim detikJateng - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 15:11 WIB
Kapan Kaesang menikah? Waktu pernikahan Kaesang dengan Erina menjadi perbincangan publik. Simak sederet informasi jelang pernikahan Kaesang dan Erina.
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Foto: Tara Wahyu NV/detikJateng)
Jakarta -

Kapan Kaesang menikah? Pertanyaan ini ramai diperbincangkan publik terkait waktu pernikahan Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden RI Joko Widodo. Kaesang akan menikah dengan Erina Sofia Gudono atau yang akrab disapa Erina.

Berbagai persiapan telah dilakukan untuk acara pernikahan keduanya. Berikut serba-serbi menuju pernikahan Kaesang-Erina.

Kapan Kaesang Menikah? Catat Tanggalnya

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan menggelar akad nikah pada Sabtu, 10 Desember 2022 pukul 13.00 WIB di Pendopo Royal Ambarrukmo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dilansir detikJateng, Sekretaris Daerah Provinsi DIY Kadarmanta Baskara Aji mengungkapkan rangkaian acara pernikahan Kaesang dan Erina yang dimulai pada 8 Desember 2022 sebagai berikut.

  • 8 Desember 2022: Semaan (pengajian)
  • 9 Desember 2022: Pemasangan bleketepe (janur dan dekorasi) dilanjutkan malam midodareni
  • 10 Desember 2022: Upacara nikah Kaesang-Erina.
Kapan Kaesang menikah? Waktu pernikahan Kaesang dengan Erina menjadi perbincangan publik. Simak sederet informasi jelang pernikahan Kaesang dan Erina.Kapan Kaesang menikah? Kaesang Pangarep akan menikah dengan Erina Gudono pada 10 Desember 2022. (Foto: dok. Instagram/@kaesangp)

Lokasi Ngunduh Mantu Kaesang-Erina

Keluarga Presiden Jokowi akan menggelar acara ngunduh mantu Kaesang Pangarep-Erina Gudono di Kota Solo. Acara adat itu akan digelar di dua tempat, yaitu di Loji Gandrung yang merupakan rumah dinas Wali Kota Solo dan acara jamuan di Puro Mangkunegaran.

Acara yang di Loji Gandrung digelar dengan jumlah tamu terbatas. Kegiatan akan dibalut dengan sebuah pesta rakyat.

"Audiens dikasih masuk tapi terbatas, sekitar 300 (orang). Konsepnya katanya Ibu (Iriana) kan Pesta Rakyat. Biar ikut merasakan kebahagiaan," kata Art Director Asmoro Decoration Pandji Vasco Da Gama, dikutip detikcom, Selasa (6/12/2022).

Rangkaian adat telah disiapkan untuk acara ngunduh mantu. Setelah acara ngunduh mantu, pengantin akan dikirab menuju Puro Mangkunegaran.

Kirab Pernikahan Kaesang-Erina

Acara kirab pada pernikahan Kaesang-Erina dimulai dari Loji Gandrung. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, kakak Kaesang, mengatakan masyarakat tetap bisa berkativitas meskipun Loji Gandrung menjadi salah satu lokasi prosesi pernikahan Kaesang dan Erina.

"CFD (car-free day) tetap bisa, seperti biasa aja. Yang mau CFD silakan," kata Gibran, seperti dilansir detikJateng, Selasa (6/12/2022).

Bahkan, masyarakat diizinkan untuk swafoto di lokasi kirab. Gibran mempersilakan masyarakat untuk mengunjungi Loji Gandrung.

"Silakan, rumah dinas kan tidak saya pakai. Bisa dipakai untuk semua," ucapnya.

Siraman Kaesang: Hanya Diikuti Keluarga Inti

Kaesang Pangarep akan melaksanakan siraman di kediamannya, Sumber, Solo, Jawa Tengah. Acara siraman ini hanya diikuti oleh keluarga inti.

"Siraman di Sumber (rumah) pada Jumat (9/12) jam 09.00 WIB, ya," kata Wali Kota Solo sekaligus kakak Kaesang, Gibran Rakabuming Raka, dikutip detikcom, Selasa (6/12/2022).

Gibran mengatakan untuk siraman hanya dihadiri keluarga inti. Acara juga akan berlangsung secara singkat.

"Acarane sedelok tok (sebentar saja), satu jam. Siraman sejam tok, besoknya ijab, resepsinya di Solo prosesi adatnya," tambah Gibran.

Tamu Kaesang-Erina Dilarang Pakai Batik Parang

Seperti diketahui, Kaesang menikah dengan Erina pada 10 Desember 2022. Tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono digelar di Puro Mangkunegaran akhir pekan ini. Para tamu undangan dikenakan aturan untuk tidak memakai batik motif parang atau lereng.

"Untuk masuk Puro Mangkunegaran nggak boleh pakai batik motif parang atau lereng," ucap Gibran Rakabuming Raka, dilansir detikJateng, Selasa (6/12/2022).

Aturan tersebut langsung dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegoro X. Menurutnya, hal tersebut memang sudah lama diatur dalam adat Mangkunegaran.

"Aturan dari Kanjeng Gusti (Mangkunegoro X) yang menyarankan. Aturan dari Puro," kata Gibran.

Gibran mengungkapkan aturan tersebut seharusnya sudah tertulis di undangan yang disebar. Ia berharap para tamu sudah mengetahui adanya aturan adat tersebut.

(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT