Tuan Rumah MGMAC 2023, Pemprov DKI Mulai Kebut Persiapan Penyelenggaraan

ADVERTISEMENT

Tuan Rumah MGMAC 2023, Pemprov DKI Mulai Kebut Persiapan Penyelenggaraan

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 12:28 WIB
Pemprov DKI Jakarta menjadi tuan rumah MGMAC 2023
Foto: dok. Pemprov DKI Jakarta
Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menggelar rapat pimpinan untuk membahas kontribusi dan peran Jakarta dalam ASEAN. Dalam rapat ini, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov DKI Jakarta melakukan persiapan matang untuk mendukung keketuaan Indonesia dalam ASEAN, sekaligus peran Jakarta sebagai tuan rumah MGMAC 2023.

Rapat pimpinan yang digelar Senin (5/12) tersebut merupakan tindaklanjut dari penyerahan keketuaan tuan rumah Mayors and Governors Meeting (MGMAC) 2023 dari Phnom Penh ke Jakarta. MGMAC 2023 merupakan bagian rangkaian ASEAN Mayors Forum (AMF) yang digelar di Phnom Penh, Kerajaan Kamboja pada 2-3 Desember lalu.

"Jajaran Pemprov DKI Jakarta membentuk tim untuk mempersiapkan Jakarta sebagai lokasi tuan rumah ASEAN, dan akan intens berkoordinasi dengan Kemenlu, sekretariat ASEAN, dan lembaga lainnya dalam memastikan persiapan berjalan selaras dengan pemerintah pusat dan berjalan baik," kata Heru dalam keterangan tertulis, Selasa (6/12/2022).

Seperti diketahui, MGMAC merupakan forum yang diprakarsai Joko Widodo saat menjadi Gubernur DKI Jakarta pada 2013. Forum ini menjadi wadah bagi para gubernur dan wali kota dari ibukota negara-negara ASEAN untuk membahas tantangan dan solusi permasalahan urban, sekaligus sarana memperkuat kolaborasi.

Sebelumnya, keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023 telah diserahkan oleh PM Kerajaan Kamboja Hun Sen kepada Presiden Joko Widodo dalam ASEAN Summit pada 13 November lalu. Perwakilan Provinsi DKI Jakarta, Kepala Biro Kerja Sama Daerah Marulina Dewi menerima penyerahan Jakarta sebagai tuan rumah MGMAC 2023 dari Gubernur Pnompenh.

Semenetara itu, Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menerima penyerahan tuan rumah AMF 2023 dari Kamboja ke perwakilan Republik Indonesia pada 3 Desember 2022.

Simak juga 'Tanah Bergerak Intai Jakarta, Heru: Mudah-mudahan Tak Terjadi':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT