Andre Rosiade Minta Garuda Layani Umrah Landing di Bandara Internasional Jeddah

ADVERTISEMENT

Andre Rosiade Minta Garuda Layani Umrah Landing di Bandara Internasional Jeddah

Mega Putra Ratya - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 11:26 WIB
Andre Rosiade
Foto: Andre Rosiade
Jakarta -

Motivasi umat Islam Indonesia untuk pergi ke Tanah Suci sangat tinggi. Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mencatat ada peningkatan jemaah umrah asal Indonesia yakni lebih dari satu juta jemaah selama tiga bulan terakhir tahun ini.

Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade, meminta agar PT Garuda Indonesia bisa memanfaatkan momentum ini dengan membuka penerbangan langsung dari berbagai demarkasi di Indonesia ke Bandara Internasional Jeddah.

"Kami memiliki aspirasi bahwa Garuda Indonesia bisa setara dengan maskapai penerbangan internasional lainnya dalam pelayanan umroh kepada jemaah dari Indonesia yang mayoritas menggunakan Garuda. Yang mana terbang dan mendarat dari Jakarta ke Jeddah, maupun sebaliknya, atau ke daerah lain di Indonesia, itu bisa landing di airport internasional Jeddah bukan lagi di airport khusus haji," kata Andre saat rapat dengar pendapat Komisi VI dengan Dirut PT Garuda Indonesia di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (5/12/2022).

Andre menilai, bandara Internasional Jeddah memiliki fasilitas lebih memadai dibandingkan bandara yang selama ini diperuntukkan khusus melayani jemaah haji. Bila Garuda Indonesia memiliki rute langsung ke bandara tersebut, maka para jemaah akan mendapatkan fasilitas yang lebih baik.

"Sehingga jemaah umroh Indonesia bisa setara dengan jemaah umroh dari negara lain atau maskapai lain untuk menikmati fasilitas yang lebih baik," terangnya.

Menjawab aspirasi Andre Rosiade, Dirut PT Garuda Indonesia Irfan Setuaputra memaparkan pihaknya terus berupaya untuk memberikan layanan terbaik bagi jemaah umroh asal Indonesia. Dia mentargetkan pesawat Garuda yang melayani jemaah akan terbang dan mendarat di bandara internasional Jeddah mulai Februari 2023 mendatang.

Andre pun mengapresiasi kabar baik tersebut. "Alhamdulillah tadi saya sudah mendapatkan keterangan dari Pak Dirut, aspirasi yang kami sampaikan pada Oktober lalu, insya Allah Februari nanti Garuda landing dan take off dari airport internasional Jeddah. Bandara baru yang lebih layak dan lebih baik dan bisa dinikmati oleh jemaah umroh yang terbang bersama Garuda. Kami ucapkan terimakasih atas kinerja Pak Dirut ini," kata Andre.

Simak juga 'Nafas Baru Bandara Kertajati, Layani Keberangkatan Ratusan Jemaah Umrah':

[Gambas:Video 20detik]




(mpr/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT