Kemensos Hadirkan Fasilitas Cetak Ulang Identitas di Cianjur

ADVERTISEMENT

Kemensos Hadirkan Fasilitas Cetak Ulang Identitas di Cianjur

Dea Duta Aulia - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 10:20 WIB
Layanan kependudukan dan pencatatan sipil di posko gempa Cianjur, Jawa Barat.
Foto: dok. Kemensos
Jakarta -

Kementerian Sosial (Kemensos) bersama Disdukcapil Kabupaten Cianjur menghadirkan layanan fasilitas administrasi kependudukan di posko pengungsian di Cianjur, Jawa Barat. Kehadiran fasilitas tersebut bertujuan untuk mempermudah penyintas bencana alam gempa agar dapat mencetak ulang identitas kependudukan yang rusak atau hilang akibat gempa.

Layanan ini telah dilakukan di posko pengungsian lapangan Cariu Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur sejak Sabtu (3/12). Per tanggal 5 Desember 2022, Sebanyak 286 keluarga melakukan cetak ulang Kartu Keluarga (KK), 478 orang cetak ulang KTP dan 91 orang melakukan perekaman KTP Baru karena belum memiliki KTP.

"Kemensos bersama Disdukcapil Kabupaten Cianjur memastikan warga penyintas memiliki KK dan KTP kembali yang sebelumnya sudah ada tapi karena gempa kebanyakan rusak bahkan hilang. Maka penting dilakukan cetak ulang. Ada juga perekaman baru bagi yang belum memiliki KTP," kata Kepala Sentra Terpadu Pangudi Luhur I Ketut Supena dalam keterangan tertulis, Selasa (6/12/2022).

Ia menjelaskan layanan administrasi dukcapil ini berlangsung selama 4 hari sejak Sabtu (3/12) hingga Selasa (6/12). Layanan ini akan dilanjutkan juga di kecamatan lain yang terdampak bencana gempa bumi.

"Kita pastikan mereka mendapatkan hak dasarnya untuk kembali memiliki identitas kependudukan," katanya.

Seorang pengungsi Lilis Safitri mengatakan layanan tersebut begitu membantu. Pasalnya, KTP, dan KK miliknya telah tertimbun reruntuhan bangunan.

"Layanan ini sangat membantu, karena identitas itu penting. Kalau kita datang ke kantor Dukcapil jauh, makan waktu 1 jam. Jadi bermanfaat sekali layanan ini dibangun di pengungsian," tutup Lilis.

Simak Video 'Jokowi Pastikan Rekonstruksi Rumah Korban Gempa Cianjur Dimulai':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT