Apa itu Ring of Fire? Penyebab Indonesia Rawan Dilanda Gempa

ADVERTISEMENT

Apa itu Ring of Fire? Penyebab Indonesia Rawan Dilanda Gempa

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Senin, 05 Des 2022 18:35 WIB
Peta Ring of Fire
Ilustrasi / Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik atau Lingkaran Api Pasifik (Foto: National Geographic)
Jakarta -

Ring of Fire adalah sebutan dari Cincin Api Pasifik atau Lingkaran Api Pasifik. Keberadaan Ring of Fire yang meliputi wilayah Indonesia inilah yang menyebabkan rawan dilanda bencana gempa bumi hingga gunung meletus.

Letak geografis Indonesia berada di wilayah Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik atau Lingkaran Api Pasifik, yakni pertemuan tiga lempeng tektonik dunia seperti Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik. Oleh sebab itu, Indonesia termasuk negara yang rawan dilanda bencana seperti gempa bumi, letusan gunung berapi hingga tsunami.

Lantas, apa yang dimaksud dengan Ring of Fire adalah Cincin Api Pasifik atau Lingkaran Api Pasifik? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu Ring of Fire? Ini Penjelasannya

Melansir Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), Ring of Fire adalah Cincin Api Pasifik atau Lingkaran Api Pasifik yakni daerah pertemuan lempeng-lempeng tektonik yang menjadikan wilayah yang terlewati jalur Ring of Fire sering mengalami gempa bumi hingga letusan gunung berapi.

Meski disebut sebagai 'lingkaran' atau 'cincin', Ring of Fire ini tidak benar-benar berbentuk lingkaran melainkan berbentuk menyerupai tapal kuda dengan jalur ring of fire mengelilingi Samudera Pasifik, termasuk di dalamnya wilayah Indonesia.

Peta Ring of FirePeta Ring of Fire | Foto: Dok. USGS

Jalur Ring of Fire dan Daftar Negaranya

Dilansir National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), jalur Ring of Fire yang membentang sekitar 40.250 kilometer dari ujung selatan Amerika Selatan, di sepanjang pantai barat Amerika Utara, melintasi Selat Bering, turun melalui Jepang, dan ke Selandia Baru.

Zona Ring of Fire ini meliputi serangkaian gunung berapi bawah laut dan lokasi gempa bumi di sekitar tepi Samudra Pasifik. Pada zona Ring of Fire terdiri dari lebih dari 450 gunung berapi.

Melansir Deutsche Welle (DW), negara-negara yang berada di wilayah Ring of Fire ada banyak sekali. Seperti Indonesia, Filipina, Malaysia, Jepang, Australia dan Selandia Baru, Papua Nugini, dan negara-negara kepulauan lainnya seperti Kepulauan Solomon, Fiji. Serta banyak lagi di negara di daerah Melanesia, Mikronesia, Polinesia, terus hingga ke pesisir barat Amerika Utara dan Selatan.

Bagaimana proses terbentuknya Ring of Fire? Dan bagaimana Ring of Fire di Indonesia? Simak di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT