Viral Cahaya Hijau di Langit Magelang, BRIN: Hujan Meteor Sigma Hydrid

ADVERTISEMENT

Viral Cahaya Hijau di Langit Magelang, BRIN: Hujan Meteor Sigma Hydrid

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Senin, 05 Des 2022 16:14 WIB
Benda bercahaya mirip meteor di langit Magelang.
Benda bercahaya mirip meteor di langit Magelang. (Tangkapan Layar)
Magelang -

Foto bernarasi kilatan cahaya hijau di langit Magelang, Jawa Tengah, viral di media sosial. Cahaya hijau itu disebut meteor. Seperti apa faktanya?

Dilihat detikJateng, foto diposting oleh akun Instagram @merapi_uncover. Dalam foto itu, tampak benda bercahaya menyerupai meteor jatuh. Dari narasi yang ada di postingan itu, disebutkan benda bercahaya itu jatuh di daerah Magelang, Jawa Tengah.

"[Breaking News] 00:45 wib seumur umur lihat kayak gitu gede banget, terang banget, jatuhnya tegak lurus, kelihatan jatuh arah Timur kota Magelang," tulis akun itu seperti dilansir detikJateng, Senin (5/12/2022).

Terkait hal itu, peneliti Pusat Sains Antariksa BRIN, Andi Pangerang Hasanuddin, mengatakan peristiwa dalam foto itu adalah hujan meteor Sigma Hydrid.

"Sementara ini, hemat saya, adalah hujan meteor Sigma Hydrid yang sudah aktif sejak 2 Desember, berpuncak pada 9 Desember dan berakhir pada 20 Desember," kata Andi kepada wartawan, Senin (5/12/2022).

Andi menjelaskan, kondisi bulan saat ini yang beriluminasi 90 persen, pukul 00.45 dini hari tadi, posisinya sudah terbenam di ufuk barat sehingga cahaya meteor yang kehijauan tidak terganggu intervensi cahaya bulan.

"Cahaya meteor yang kehijauan menandakan bahwa meteor tersebut mengandung banyak magnesium, dan ketika bereaksi dengan atmosfer bumi saat melintas, akan menghasilkan pijar kehijauan," urainya.

Baca selengkapnya di sini.

(idh/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT