Ricky Rizal Klaim Tak Lihat Sambo Tembak Yosua: Lihatnya Tembak ke Dinding

ADVERTISEMENT

Ricky Rizal Klaim Tak Lihat Sambo Tembak Yosua: Lihatnya Tembak ke Dinding

Wilda Hayatun Nufus, Wildan Noviansah - detikNews
Senin, 05 Des 2022 15:10 WIB
Sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana Brigadir J dengan terdakwa Bharada E, Kuat Maruf dan Bripka Ricky digelar di PN Jaksel hari ini. Begini momennya.
Foto Bripka Ricky Rizal: (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Bripka Ricky Rizal mengklaim dirinya tidak melihat Ferdy Sambo melepaskan tembakan ke arah Brigadir N Yosua Hutabarat. Ricky mengaku hanya melihat Sambo menembak ke arah dinding rumah Duren Tiga, Jakarta Selatan.

"Saya lihat FS tembak itu ke dinding," ujar Ricky saat bersaksi di PN Jaksel, Senin (5/12/2022).

Ricky mengaku hanya melihat Bharada Richard Eliezer yang menembak Yosua. Dia juga mengaku tidak mendengar Sambo memerintahkan Eliezer untuk menembak Yosua.

"Saat FS bilang 'tembak woy tembak woy' sekeras itu kamu nggak dengar?" tanya jaksa dan dijawab 'siap tidak'.

Ricky mengatakan posisinya saat itu masih berjalan menuju ke area ruang tengah, TKP pembunuhan Yosua. Ricky mengaku hanya mendengar perintah Yosua untuk jongkok sebelum ditembak.

"Kenapa yang kau ingat hanya itu saja? Sedangkan saat 'tembak woy tembak woy' itu nggak dengar, padahal itu lebih kencang dari pada 'jongkok kamu'?" tanya jaksa.

"Yang jongkok saya dengar. Saya di dalam, saya nggak dengar bapak (Ferdy Sambo) pas bilang 'woy tembak woy', karena itu kan panjang, tapi saya nggak dengar," jawab Ricky.

Dalam dakwaan jaksa, Yosua ditembak oleh Eliezer dan Ferdy Sambo. Ricky Rizal, Putri Candrawathi, dan Kuat Ma'ruf juga didakwa bersama-sama Sambo. Di sidang hari ini, Ricky bersaksi untuk Eliezer dan Kuat.

Ricky dkk didakwa melanggar Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Simak video 'Alasan Ricky Rizal Tolak Perintah Sambo Tembak Yosua':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT