Duo Wanita Pencuri di Bogor Kuras ATM Korban untuk Belanja-Bayar Utang

ADVERTISEMENT

Duo Wanita Pencuri di Bogor Kuras ATM Korban untuk Belanja-Bayar Utang

M Solihin - detikNews
Senin, 05 Des 2022 14:19 WIB
Polisi menangkap wanita pelaku pencurian di rumah kosong di Tajur, Bogor.
Polisi menangkap wanita pelaku pencurian di rumah kosong di Tajur, Bogor. (Solihin/detikcom)
Bogor -

Eka Syahfitri (42) dan seorang teman perempuan, Dewi, membobol rumah warga di Bogor Timur, Kota Bogor. Mereka menguras ATM korban senilai Rp 34 juta yang kemudian digunakan untuk belanja hingga bayar hutang.

Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota AKP Rizka Fadhila menjelaskan uang Rp 34 juta merupakan milik korban yang diambil pelaku dengan cara membobol nomor rahasia 2 dari 3 buah ATM milik korban yang diambil pelaku.

"Jadi setelah melakukan aksi pencurian itu, dua pelaku ini melakukan penarikan uang dan mentransfer uang dalam ATM korban. Yang bertransaksi di ATM ini pelaku yang sekarang diamankan (Eka Syahfitri), atas arahan pelaku yang DPO (Dewi)," kata Rizka, Senin (5/12/2022).

Usai menguras uang dalam ATM milik korban, para pelaku menggunakan uang dalam ATM untuk belanja kebutuhan di salah satu mal di Kota Bogor.

"Mereka bukan tahu nomor PIN ATM korban, secara acak saja, mulai dari tanggal lahir yang dilihat dati KTP sampai dicoba nomor PIN standar, sampai akhirnya ada yang tembus. Makanya dua ATM bisa diambil uangnya dan satu ATM terblokir karena nomor PIN salah semua," tambahnya.

Selain untuk belanja kebutuhan, pelaku Eka menggunakan sebagian uang tersebut untuk membayar utang belanja pakaian kepada seorang rekannya sebesar Rp 10 juta. Eka kemudian memberikan sisa uang hasil curian sebesar Rp 18 juta kepada tersangka Dewi.

"Kemudian tanggal 28 November, pelaku ES berangkat ke kampung halamannya di Muara Enim. Dalam perjalanan, dia janjian bertemu dengan rekannya di Jakarta untuk bayar hutang sebesar Rp 10 juta. Kemudian tersangka ES ini juga mentransfer uang hasil curiannya sebesar Rp 18 juta kepada tersangka DW," kata Rizka.

Tersangka Eka kemudian ditangkap polisi di Muara Enim Sumatera Selatan pada Jumat (2/12/2022) atau sepekan setelah ia dan Dewi beraksi di Bogor. Sementara tersangka Dewi, saat ini masih diburu polisi dan sudah masuk daftar pencarian orang (DPO).

"Tersangka ES kita amankan di Muara Enim, di kampung halamannya. Jadi ini bisa kita ungkap hasil kerja sama Polresta Bogor dengan Polres Muara Enim. Anggota kita melakukan penjemputan di Polres Muara Enim pada Jumat 2 Desember dimana tersangka telah diamankan oleh Polres Muara Enim," kata Waka Pokresta Bogor Kota Ferdy Irawan.

Diberitakan sebelumnya, dua wanita asal Muara Enim, Sumatera Selatan, berkomplot melakukan pencurian di sebuah rumah yang ditinggal penghuninya di Bogor Timur, Kota Bogor. Satu pelaku bernama Eka Syahfitri (42) berhasil ditangkap, sementara seorang lainnya bernama Dewi masih buron dan masuk DPO.

Lihat juga video 'Gagal Bobol ATM, Maling di Duren Sawit Gasak CCTV':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT