Jokowi Pastikan Pembangunan Rumah Korban Gempa Cianjur Mulai Hari ini

ADVERTISEMENT

Jokowi Pastikan Pembangunan Rumah Korban Gempa Cianjur Mulai Hari ini

Yulida Medistiara - detikNews
Senin, 05 Des 2022 10:36 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meninjau ke wilayah terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pagi ini. Jokowi mengatakan pembangunan kembali rumah terdampak gempa akan dilakukan mulai hari ini.

"Pengungsi tadi semuanya kita lihat sehat, tetapi yang paling banyak memang ingin agar segera pembangunan rumahnya dimulai," kata Jokowi, saat meninjau wilayah gempa Cianjur kepada wartawan, Senin (5/12/1/2022).

"Oleh sebab itu pagi hari ini saya ke sini untuk memastikan bahwa pertama yang relokasi hari ini dimulai pembangunannya, hari ini, relokasi dimulai pembangunannya," kata Jokowi.

Jokowi berharap pembangunan kembali 56 ribu rumah warga terdampak gempa Cianjur dapat segera dilakukan dan segera selesai. Hal itu karena Jokowi mengkhawatirkan kondisi pengungsi yang berada di tenda Cianjur.

"Ini kan jumlahnya tidak sedikit loh, totalnya 56 ribu, bukan jumlah yang sedikit, kita ingin secepat-cepatnya tapi tidak dibatasi oleh waktu. secepat-cepatnya dimulai, secepat-nya selesai karena masyarakat sudah kehujanan, kedinginan, di tenda-tenda," katanya.

Adapun rumah yang rusak berat dilakukan relokasi berdasarkan kajian dari BMKG dan Badan Geologi.

Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan berupa uang Rp 50 juta, Rp 25 juta dan uang Rp 10 juta. Nantinya bantuan itu akan diberikan pada Kamis mendatang.

"Nanti hari Kamis, ini baru persiapan, termasuk verifikasi, semuanya selesai, nanti hari Kamis untuk bantuan, yang bukan relokasi, yang bantuan Rp 50 juta, Rp 25 juta dan Rp 10 juta juga akan diberikan," tuturnya.

"Hari Kamis dimulai diberikan sehingga masyarakat mulai ikut beraktivitas membangun rumahnya, membantu membangun rumahnya. Kita harapkan juga ada kegiatan masyarakat, ada kegiatan ekonomi ada pergerakan ekonomi, itu yang kita harapkan," ujarnya.

Baca halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT