Jembatan-Sejumlah Rumah Warga di Lumajang Tertimbun Awan Panas Semeru

ADVERTISEMENT

Jembatan-Sejumlah Rumah Warga di Lumajang Tertimbun Awan Panas Semeru

Eva Safitri - detikNews
Senin, 05 Des 2022 00:25 WIB
Material vulkanik menutup jembatan di Dusun Kajar Kuning dan Dusun Curah Kobokan, Kecamatan Candipuro, Lumajang
Material vulkanik menutup jembatan di Dusun Kajar Kuning dan Dusun Curah Kobokan, Kecamatan Candipuro, Lumajang (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Semburan awan panas guguran Gunung Semeru menimbun 2 jembatan dan sejumlah rumah warga di Lumajang. Petugas belum bisa melakukan penyisiran dari dekat karena material vulkanik Gunung Semeru masih sangat panas.

Dilansir detikJatim, material vulkanik dari awan panas guguran menimbun jembatan di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro.

Selain itu, semburan awan panas juga menimbun sejumlah rumah warga di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang.

Meski tertimbun material vulkanik, petugas BPBD masih belum bisa mendekati lokasi itu dari jarak dekat karena material vulkanik erupsi Gunung Semeru masih sangat panas.

Kepala BPBD Kabupaten Lumajang Patria Dwi Hastiadi mengatakan bahwa asesmen masih dilakukan karena material APG Semeru memang masih panas. Terutama di zona merah yang tertimbun material.

"Jadi kerusakan sementara hasil asesmen tadi karena material APG masih panas. Sementara ini beberapa rumah di zona merah tertimbun dan 2 jembatan tertimbun tapi timbunan itu merusak atau tidak jika suasana kondusif kami akan lakukan asesmen lanjutan," ujarnya kepada detikJatim, Minggu (4/12/2022).

Baca selengkapnya di sini.

Simak Video 'Menilik Dampak yang Timbul Akibat Erupsi Gunung Semeru':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT