Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas hingga 12 Km dan Masih Berlangsung

ADVERTISEMENT

Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas hingga 12 Km dan Masih Berlangsung

Fatichatun Nadhiroh - detikNews
Minggu, 04 Des 2022 19:50 WIB
Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, kembali erupsi hingga memuntahkan awan panas, Minggu (4/12). Saat ini awan panas itu telah menerjang Jembatan Gladak Perak.
Erupsi Gunung Semeru (Foto: Antara Foto/Dok BNPB)
Jakarta -

Gunung Semeru terus meluncurkan awan panas. Hingga pukul 19.00 WIB, luncuran guguran awan panas terjadi sejauh 12 Km dari puncak dan terus berlangsung.

"Teramati awan panas guguran dengan jarak 12 Km dari puncak dan masih terus berlangsung," tulis PVMBG dalam keterangannya, dilansir detikjatim, Minggu (4/12/2022).

Selain itu terjadi awan panas dan gempa letusan sebanyak 13 kali. Amplitudo awan panas terekam 40 mm dan masih berlangsung hingga saat ini.

Sebaran material erupsi berupa lontaran batuan pijar diperkirakan mencapai radius 8 KM dari puncak. Sedangkan material lontaran abu saat ini mencapai 12 Km ke arah tenggara. Arah dan jarak sebaran material abu ini dapat berubah tergantung arah dan kecepatan angin.

"Jangkauan awan panas guguran sudah mencapai lebih dari 13 Km," jelasnya.

Lahar dingin maupun lahar panas bisa terjadi di sepanjang aliran sungai yang berhulu di daerah puncak, khususnya sepanjang aliran sungai.

Baca selengkapnya di sini.

(eva/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT