Suasana Desa Penanggal Diterjang Debu Vulkanik Semeru, Warga Panik

ADVERTISEMENT

Suasana Desa Penanggal Diterjang Debu Vulkanik Semeru, Warga Panik

Denza Perdana - detikNews
Minggu, 04 Des 2022 17:38 WIB
Abu vulkanik Semeru di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Lumajang
Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikJatim
Jakarta -

Debu vulkanik Gunung Semeru terus bergerak di ketinggian mencapai 18 ribu kaki dengan kecepatan mencapai 20 knot ke arah barat daya. Kini, debu telah menutupi desa Penanggal di Kecamatan Candipuro.

Pantauan detikJatim di lokasi, Minggu (4/12/2022), Desa Penanggal, yang berada di Kecamatan Candipuro, telah diguyur hujan abu vulkanik akibat erupsi Gunung Semeru. Terlihat abu vulkanik itu cukup pekat hingga membuat banyak pengungsi panik.

Dalam sebuah video yang beredar, terlihat bagaimana warga di Desa Penanggal ramai-ramai melajukan sepeda motornya. Sebagian dari mereka memakai jas hujan.

Sementara di lokasi mirip balai desa it,u tampak langit terlihat pekat oleh abu yang disebut perekam video adalah abu vulkanik. Warga yang terus bergerak mencari tempat aman itu pun panik.

"Dilaporkan untuk saat ini sudah berada di kawasan Penanggal. Jadi para pengungsi turun mengamankan diri," ujar perekam video tersebut sembari terus menunjukkan situasi di jalan Desa Penanggal, seperti dilansir detikJatim, Minggu (4/12/2022).

Sebelumnya, BMKG Juanda mengeluarkan prakiraan hasil pantauan sebaran debu vulkanik Semeru pada pukul 11.40 WIB yang dilaporkan sejak 12.10 hingga pukul 14.05 WIB. Sebaran debu vulaknik itu melaju dengan kecepatan 20 knot.

Baca di sini.

Simak Video: Semeru Erupsi, Warga 2 Desa Terdampak Mulai Diungsikan Sementara

[Gambas:Video 20detik]



(taa/taa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT