Momen Kepanikan Warga Desa Kala Semeru Muntahkan Awan Panas 7 Km

ADVERTISEMENT

Momen Kepanikan Warga Desa Kala Semeru Muntahkan Awan Panas 7 Km

Denza Perdana - detikNews
Minggu, 04 Des 2022 12:35 WIB
Semeru erupsi lagi masyarakat panik
Semeru erupsi lagi, masyarakat panik. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Gunung Semeru kembali mengeluarkan awan panas guguran (APG) sejauh 7 kilometer. Peristiwa ini menimbulkan kepanikan warga di Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo.

Dilansir detikJatim, momen kepanikan warga itu terlihat dari sejumlah video yang beredar di grup WhatsApp. Warga tampak mengendarai kendaraan masing-masing, baik mobil maupun sepeda motor, keluar dari gapura Desa Supit Urang diduga menuju lokasi evakuasi sementara yang disediakan.

Dalam video lainnya disebutkan juga bahwa begitu ada imbauan tersebut, warga Desa Supit Urang segera keluar dari desa itu menuju titik aman. "Supit Urang pengosongan, Supit Urang pengosongan," demikian suara salah satu relawan di video berkoordinasi menggunakan HT.

Kepala BPBD Patria Dwi Hastiadi menyebutkan Gunung Semeru mengeluarkan APG pukul 02.46 WIB hingga pukul 06.00 WIB menuju Besuk Kobokan. Saat ini, pihaknya sedang mengkondisikan warga. Menurut dia, warga perlu dievakuasi sementara di titik kumpul yang telah ditentukan.

"Dua desa terdampak. Dua desa itu belum perlu evakuasi, tetapi masyarakat harus keluar rumah, berkumpul di titik kumpul," ujarnya, dilansir detikJatim, Minggu (4/12/2022).

BPBD dan petugas di lapangan mengkondisikan evakuasi sementara warga sembari mengamati kondisi erupsi. Adapun titik kumpul yang ditentukan untuk warga Desa Supit Urang berada di balai desa setempat atau ke SD terdekat.

Baca selengkapnya di sini.

Simak Video: Semeru Erupsi, Warga 2 Desa Terdampak Mulai Diungsikan Sementara

[Gambas:Video 20detik]

(taa/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT