Hari Disabilitas Internasional, Jokowi Bicara Semangat Kesetaraan

ADVERTISEMENT

Hari Disabilitas Internasional, Jokowi Bicara Semangat Kesetaraan

Haris Fadhil - detikNews
Sabtu, 03 Des 2022 15:16 WIB
Presiden Jokowi memberi sambutan dalam Kick Off Gerakan #DemiIndonesia (dok BPMI Setpres)
Presiden Jokowi (Foto: dok. BPMI Setpres)
Jakarta -

Hari Disabilitas Internasional diperingati hari ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Indonesia telah memiliki peraturan yang mendukung kesetaraan bagi semua orang, termasuk penyandang disabilitas.

Jokowi ikut memperingati Hari Disabilitas Internasional dengan mengunggah foto berisi kartun yang menunjukkan sosok Jokowi dan para penyandang disabilitas di akun Instagramnya. Ada tulisan 'Selamat Hari Disabilitas Internasional 2022' dalam foto tersebut.

"Indonesia telah memiliki Komisi Nasional Disabilitas, juga menerbitkan sejumlah peraturan pemerintah dan peraturan presiden yang mengandung semangat untuk terus meningkatkan kesetaraan, kesempatan, dan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas," tulis Jokowi menyertai unggahan di akun Instagramnya tersebut, Sabtu (3/12/2022).

Jokowi mengatakan pembangunan yang maju harus melibatkan dan mempertimbangkan akses bagi seluruh rakyat. Dia mengatakan kesetaraan akses harus didapat oleh rakyat tanpa kecuali.

"Pembangunan yang maju adalah pembangunan yang melibatkan, mempertimbangkan, dan juga memberi akses bagi seluruh rakyat tanpa kecuali," tulisnya.

Hari Disabilitas Internasional diperingati pada tanggal 3 Desember setiap tahunnya. Hari Disabilitas Internasional diperingati dalam rangka meningkatkan kesadaran akan masalah yang dihadapi penyandang disabilitas dalam setiap aspek kehidupan baik politik, sosial, ekonomi dan budaya.

Melansir situs resminya, tahun ini PPB mengusung tema "Transformative solutions for inclusive development: the role of innovation in fuelling an accessible and equitable world". Tema ini berfokus pada penegakan hak asasi manusia, pembangunan berkelanjutan, serta perdamaian dan keamanan untuk penyandang disabilitas di dunia.

Simak juga 'Melihat Anak-anak Difabel Melukis di Bus TransJakarta':

[Gambas:Video 20detik]




(haf/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT