Ganjar di HUT PGRI: Berkat Guru, Pak Jokowi Jadi Presiden

ADVERTISEMENT

Ganjar di HUT PGRI: Berkat Guru, Pak Jokowi Jadi Presiden

Audrey Santoso - detikNews
Sabtu, 03 Des 2022 10:34 WIB
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengungkapkan peran penting seorang guru dalam kehidupan berbangsa. Dia memberi contoh salah satunya adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa menjadi pemimpin negara berkat ilmu yang didapat dari guru-gurunya semasa di bangku sekolah.

Ganjar awalnya menuturkan guru kerap dianggap murid-murid menjengkelkan karena memberi pekerjaan rumah (PR) banyak, tugas menumpuk, dan terkesan galak.

"Meskipun terkadang buat siswa guru itu menjengkelkan, PR-nya banyak, tugasnya tumpuk-tumpuk, gualake ora (galaknya tidak) umum," kata Ganjar dalam HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional di Semarang, Jateng, seperti dilihat detikcom dari Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (3/12/2022).

Di sinilah Ganjar menyebut, berkat peran guru, Jokowi bisa menjadi presiden, dirinya menjadi gubernur, dan Nadiem Makarim, yang juga hadir di lokasi, bisa jadi seorang Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

"Tapi, berkat semua itu, ada seorang Pak Jokowi yang bisa menjadi presiden, ada saya yang bisa berdiri di sini, ada Mas Menteri yang bisa jadi menteri tentu saja," ucap Ganjar.

"Dan ada kita semuanya karena guru," imbuh Ganjar.

Dia kemudian menyampaikan pentingnya membangun pendidikan. Dan guru, sambungnya, adalah penentu pendidikan berkualitas atau tidak.

"Maka siapa pun yang akan melakukan pembangunan, terlebih dahulu harus membangun pendidikan, tidak bisa ditawar lagi. Dan gurulah yang akan menjadi pemegang kunci berkualitas atau tidaknya sebuah generasi," pungkas Ganjar.

(aud/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT