Jejak Dedikasi Ferry Mursyidan Baldan

ADVERTISEMENT

Jejak Dedikasi Ferry Mursyidan Baldan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 03 Des 2022 08:20 WIB
Ferry Mursyidan Baldan
Ferry Mursyidan Baldan (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) berduka atas wafatnya eks Menteri ATR Ferry Mursyidan Baldan. Wakil Menteri ATR Raja Juli Antoni mengungkapkan jejak dedikasi Ferry Mursyidan di kementerian.

"Pak Menteri @TjahjantoHadi sudah takziah ke rumah duka Bang Ferry. Saya otw dari Bandung ke Jakarta. Insya Allah hadir pemakaman beliau di Karet pukul 20.30 malam ini. Atas nama keluarga besar ATR/BPN kami berduka cita mendalam," tulis Raja Juli di akun Twitternya, Jumat (2/12/2022).

Raja Juli menyebut Ferry memiliki dedikasi yang tinggi selama menjabat jadi Menteri ATR. Hal itu, juga berdasarkan pengakuan dari pegawai di Kementerian ATR/BPN.

"Teman-teman di ATR/BPN banyak cerita bagaimana tingginya dedikasi beliau ketika menjadi menteri. Kerap pulang ke rumah jam 1-2 dini hari. Pukul 7-8 pagi sudah nongol di kantor lagi," katanya.

Raja Juli juga mengenang 3 pertemuan terakhir dengan Ferry Mursyidan. Pertemuan itu terjadi saat menghadiri pemakaman Azyumardi Azra di TMP Kalibata.

"Tiga pertemuan terakhir saya dengan beliau, pertama di pemakaman Prof. Azyumardi Azra di TMP. Bersama beberapa kawan kami ngobrol ngalor ngidul sambil menunggu jenazah sampai," katanya.

"Pertemuan Kedua pada peringatan Hantaru (Hari Agraria dan Tata Ruang). Tradisi baik di kami, para mantan menteri diundang untuk merayakan hari penting kementerian," imbuhnya.

Raja Juri menyebut para mantan Menteri ART hadir pada acara Hantaru itu. Termasuk, Ferry Mursyidan.

"Hadir para mantan menteri: Hendarman Supandji, Sofyan Djalil dan almarhum. Pak Basuki Menteri PUPR sebagai teman dekat ATR/BPN juga hadir. Pas Bas main drum. Pak Hadi dan almarhum nyanyi lagu2 Chrisye 'satu album'. Baru tahu almarhum pecinta berat Chrisye," katanya.

"Pertemuan Ketiga dan terakhir beberapa minggu lalu di pernikahan anak Pak Virgo, salah seorang Dirjen ATR/BPN. Saya tidak banyak bercakap-cakap. Beliau datang pas saya mau pulang," lanjutnya.

Hadi Tjahjanto, Basuki, Raja Juli dan Ferry Mursyidan Baldan pada peringatan Hantaru 2022Hadi Tjahjanto, Basuki, Raja Juli dan Ferry Mursyidan Baldan pada peringatan Hantaru 2022 (Foto: dok. Twitter Raja Juli)

Raja Juli menyebut Kementerian ATR kehilangan sosok pemimpin penting dalam sejarah pertanahan. Raja Juli berdoa agar Ferry Mursyidan husnul khotimah.

"Selamat jalan Bang Ferry Mursidan Baldan. Keluarga besar ATR/BPN kehilangan sosok pemimpin penting dalam sejarah pertanahan dan tara ruang di republik ini. Duka mendalam. Insya Allah belia husnul khatimah. Alfatihah," imbuhnya.

Simak Video 'Profil Singkat Almarhum Eks Menteri ATR Ferry Mursyidan Baldan':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT