Ribuan Pamdal Akan Bersiaga di KPU, Antisipasi Kerusuhan Pemilu 2024

ADVERTISEMENT

Ribuan Pamdal Akan Bersiaga di KPU, Antisipasi Kerusuhan Pemilu 2024

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 02 Des 2022 20:43 WIB
Ketua KPU Hasyim Asyari
Ketua KPU Hasyim Asy'ari (Azhar/detikcom)
Jakarta -

KPU RI menyiapkan ribuan personel pengamanan dalam (pamdal) untuk menghadapi Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Personel ini dinamakan 'Jagat Saksana' dan dilengkapi perangkat pengamanan.

Perangkat pengamanan ini berupa helm dan tameng, kendaraan taktis berupa motor trail, hingga senjata tumpul berupa tongkat. Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan para personel dilatih di SPN Lido Polda Metro Jaya.

"Ini untuk pengamanan di kantor KPU, karena kantor KPU adalah objek yang harus dilindungi oleh orang-orang yang terlatih," ujar Ketua KPU Hasyim Asy'ari di kawasan Ancol, Jakarta, Jumat (2/12/2022).

"Semuanya dididik, ditingkatkan kapasitas, disekolahkan di sekolah kepolisian Lido di bawah Polda Metro Jaya untuk peningkatan kapasitas," lanjutnya.

Dia menyebut penyiapan kapasitas pamdal seperti ini hal yang krusial bagi KPU. Hasyim mengatakan pasukan 'Jagat Saksana' diperlukan sebagai antisipasi kemungkinan terburuk, misalnya ada aksi di depan kantor KPU seluruh wilayah Indonesia dan di seluruh tingkatan, termasuk di tingkat kota dan kabupaten.

"Yang namanya pemilu, pilkada, adalah konflik yang dianggap sah dan legal untuk meraih kekuasaan atau mempertahankan kekuasaan," jelas Hasyim.

"Dalam situasi konflik itu kan bisa menggunakan kekerasan fisik, bisa menggunakan kekerasan verbal. Jadi segala sesuatu kita harus antisipasi. Nah, kalau situasi kaya tadi kan, supaya kita ini kan selalu siap siaga. Bukannya kita mengharap ada seperti itu ya, tetapi kalau ada kejadian seperti itu, relatif siap dari dalam," sambungnya.

(ain/zap)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT