Sejarah Masjid At-Tin TMII Jaktim dan Serba-serbinya

ADVERTISEMENT

Sejarah Masjid At-Tin TMII Jaktim dan Serba-serbinya

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Jumat, 02 Des 2022 13:01 WIB
Sejarah Masjid At-Tin
Sejarah Masjid At-Tin | Foto: (Martha Simandjuntak/d'Traveler)
Jakarta -

Sejarah Masjid At-Tin tak kalah menarik untuk dibahas. Masjid At-Tin adalah Masjid Agung yang terletak di dekat kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur (Jaktim). Selain untuk kegiatan ibadah, masjid ini juga kerap digunakan untuk menggelar kegiatan atau acara lainnya.

Seperti yang terbaru, pada Jumat (2/12/2022), Masjid Agung At-Tin TMII Jaktim digunakan sebagai tempat pelaksanaan Reuni 212 yang diselenggarakan dengan kegiatan salat subuh berjamaah. Reuni 212 itu bertajuk 'Munajat Akbar Indonesia Bersholawat' yang digelar mulai pukul 03.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB.

Lokasi Masjid At-Tin berada di Jl. Raya Taman Mini Pintu 1 Jakarta Timur (Jaktim). Melansir situs Divisi Kominfo Jakarta Islamic Centre, profil Masjid At-Tin ini memiliki luas bangunan sekitar 10.000 meter persegi dengan luas keseluruhan 70.000 meter persegi. Masjid yang didesain oleh arsitek bernama Ir. Ahmad Noe'man ini mampu menampung jamaah sebanyak 25.850 orang.

Untuk mengenal lebih lanjut tentang Masjid Agung At-Tin ini, simak informasi sejarah singkat Masjid At-Tin beserta serba-serbinya berikut ini.

Sejarah Singkat Masjid At-Tin

Dilansir situs Divisi Kominfo Jakarta Islamic Centre, sejarah Masjid At-Tin dibangun oleh keluarga besar Presiden Soeharto untuk mengenang mantan ibu negara, Ibu Hj. Fatimah Siti Hartinah Soeharto atau dikenal Ibu Tien Soeharto, yang meninggal pada tahun 1996 silam.

Pendirian masjid ini terlaksana berkat bantuan Yayasan Ibu Tien Soeharto yang merupakan yayasan milik anak-keturunan Ibu Tien Soeharto.

Dilansir situs resminya, Masjid Agung At-Tin mulai dibangun pada bulan April 1997 dengan peletakan batu pertama pada 23 Agustus 1997. Selanjutnya, Masjid At-Tin diresmikan pada 26 Desember 1999 dengan lantunan adzan pertama di masjid tersebut pada 25 November 1999.

Sejarah Masjid At-TinSejarah Masjid At-Tin | Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT