Jokowi: 2024 Pesta Demokrasi Terbesar dan Serentak, Bukan Pekerjaan Mudah

ADVERTISEMENT

Jokowi: 2024 Pesta Demokrasi Terbesar dan Serentak, Bukan Pekerjaan Mudah

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 02 Des 2022 10:12 WIB
Presiden Jokowi di acara Konsolidasi Nasional KPU. (Karin Nur Secha/detikcom).
Foto: Presiden Jokowi di acara Konsolidasi Nasional KPU. (Karin Nur Secha/detikcom).
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan Pemilu 2024 merupakan momen politik yang sangat penting. Dia menyebut Pemilu 2024 adalah yang terbesar dan diselenggarakan serentak.

"Tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting. Karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama yaitu tahun 2024, ini bukan pekerjaan mudah, ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa dan negara kita," kata Jokowi di Convention Hall Beach City Entertaiment Center (BCEC), Ancol, Jakarta Utara, Jumat (2/12/2022).

Jokowi menuturkan Pemilu 2024 melibatkan pemilih yang besar.

"Dengan melibatkan pemilih yang sangat besar, hitungan terakhir 189 juta pemilih yang nyoblos pada saat yang sama yang waktunya kira-kira hanya 6 jam, jam 7, sampai jam 1," ujarnya.

Jokowi menyampaikan kondisi geografis Indonesia juga tidak mudah dilalui sehingga distribusi logistik Pemilu agak sulit. Dia mengatakan infrastruktur di Indonesia masih belum sempurna.

"Mengelola ini tidak gampang dengan wilayah NKRI yang luas, kondisi geografis sangat berbeda, bayangkan kita harus pergi ke 17 ribu pulau, ada yang naik perahu, kapal ada yang harus didukung untuk distribusi logsitik oleh TNI Polri karena medannya tidak mudah," ucapnya.

"Ada yang bawa motor terpleset tadi, karena infrastruktur kita memang belum sempurna, ada yang sudah mulus kayak jalan Tol tapi ada yang masih becek kondisi geografis, beragam ini tidak mudah, utamanya dalam distribusi logistik Pemilu. Saya sadari betul keadaan lapangan karena saya sering masuk daerah terpencil, ini tidak mudah," imbuhnya.

Simak video 'Wejangan Jokowi ke KPU di Pemilu 2024: Hal Teknis Bisa Jadi Politis':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/aud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT