PKB Akan Tanya Penjagaan Situasi di Tahun Politik ke Calon Panglima TNI

ADVERTISEMENT

PKB Akan Tanya Penjagaan Situasi di Tahun Politik ke Calon Panglima TNI

Dwi Andayani - detikNews
Jumat, 02 Des 2022 06:48 WIB
Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PKB, Taufiq R Abdullah.
Foto: Taufiq R Abdullah (dok. istimewa)
Jakarta -

Calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di Komisi I DPR hari ini. Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PKB Taufiq R Abdullah mengatakan terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian serius dari Panglima.

"Beberapa hal yang perlu perhatian serius dari Panglima, antara lain bagaimana meningkatkan kesejahteraan prajurit," kata Taufiq saat dihubungi, Kamis (1/12/2022)

Taufiq menyebut pihaknya akan menanyakan terkait cara Yudo Margono untuk meningkatkan profesionalitas prajurit TNI. Tidak hanya itu, menurutnya upaya penyelesaian legalisasi aset tanah TNI juga jadi perhatian.

"Bagaimana mempertahankan dan meningkatkan profesionalitas prajurit. Terutama karena situasi geopolitik yang sedang sangat dinamis," ujar Taufiq.

"Mengupayakan penyelesaian legalisasi/sertifikasi aset tanah TNI," sambungnya.

Terakhir Taufiq mempertanyakan terkait cara Yudo dalam menciptakan situasi kondusif dalam tahun politik.

"Bagaimana Ikut menciptakan situasi yang kondusif menghadapi tahun politik," ujarnya.

Diketahui calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di Komisi I DPR. Rapat tersebut bersifat pemberian persetujuan terhadap Yudo sebagai calon panglima TNI usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pembahasan pemberian persetujuan terhadap calon panglima TNI. Dijadwalkan 13.30 WIB di Komisi I DPR," kata anggota Komisi I DPR Arwani Thomafi kepada wartawan, Kamis (1/12).

Arwani Thomafi menyebut Komisi I DPR akan memverifikasi calon panglima TNIatas nama Laksamana Yudo Margono sebelum menggelar rapat dengar pendapat umum (RDPU) penyampaian visi misi Yudo Margono, yang saat ini menjabat Kepala Staf Angkatan Laut TNI.

Setelah itu, anggota DPR dipersilakan memberi pertanyaan kepada calon panglima TNI Yudo Margono. Terakhir, Komisi I DPR akan mengambil keputusan atas uji kepatutan dan kelayakan Yudo.

Simak video 'Urutan Acara Uji Kepatutan dan Kelayakan Calon Panglima TNI Yudo':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT