Intip Sederet Aktivitas UMKM dan Pengunjung di Pertamina SMEXPO 2022

ADVERTISEMENT

Intip Sederet Aktivitas UMKM dan Pengunjung di Pertamina SMEXPO 2022

Sukma Nur Fitriana - detikNews
Kamis, 01 Des 2022 20:22 WIB
Intip Sederet Aktivitas UMKM dan Pengunjung di Pertamina SMEXPO 2022
Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

Pertamina menggelar SMEXPO 2022 di FX Sudirman, Jakarta. Gelaran pameran UMKM tersebut juga ramai didatangi oleh para pengunjung yang datang.

Diketahui, kegiatan ini diikuti oleh 35 UMKM secara offline dan 555 UMKM online dengan berbagai aktivitas menarik, seperti insightful session, business matching, voluntary class, dan ada promo diskon juga flash sale.

VP CSR & SMEPP Pertamina Fajriyah Usman mengatakan tujuan digelarnya Pertamina SMEXPO 2022 ini untuk meningkatkan kualitas produk UMKM Indonesia khususnya binaan Pertamina, sehingga dapat menembus pasar Internasional.

"Selain itu juga pelaku UMKM juga terus melakukan inovasi dengan meningkatkan kreativitas dan digitalisasi UMKM serta mendorong pemulihan ekonomi kreatif di masa pasca pandemi saat ini," tuturnya dalam keterangan tertulis, Kamis (1/12/2022).

Fajriyah menambahkan melalui Program Pendanaan UMK dan semangat Energizing Your Future, Pertamina ingin menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar dan energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. Pihaknya juga terus berupaya untuk mendorong setiap mitra binaan menjadi UMK naik kelas dan Go Global.

Pertamina SMEXPO yang sudah berlangsung sejak 28 November hingga 4 Desember 2022 ini juga memiliki agenda yang berbeda setiap harinya. Pada hari kedua pameran, insightful session menghadirkan Alphaworks.id dan Visual Labs yang menyuguhkan materi Fotografi dan Videografi.

Di sini para UMKM dan pengunjung bisa belajar bagaimana untuk menghasilkan gambar yang menarik tanpa kamera yang mahal. Tetapi, itu bisa didapatkan cukup dengan memanfaatkan kamera yang sederhana misalnya kamera handphone.

Dalam paparannya, Fauzan dari Visual Labs mengatakan untuk menaikan kualitas gambar produk yang dihasilkan harus memperhatikan bagaimana pencahayaan dan background foto yang dipilih.

"Hal ini harus diperhatikan mengingat konsumen selalu menginginkan cara yang paling efisien dan hemat waktu untuk berbelanja, termasuk dalam hal mempertimbangkan suatu produk. Perhatian konsumen biasanya akan tertuju pada cara tercepat untuk menilai suatu produk yaitu melalui foto maupun video," kata Fauzan.

Senada dengan Fauzan, Yudha Rizky dari Alphaworks.id menambahkan kalau foto sangat menentukan kesan pertama yang dimiliki konsumen terhadap produk. Apakah mereka akan lanjut mencari tahu, serta membeli atau tidak. Oleh karena itu, fotografi dan videografi produk merupakan cara berjualan online yang menarik minat konsumen untuk membeli.

"Para pelaku UMKM harus jeli mengikuti tren yang sedang berkembang di masyarakat khususnya pada sosial media. Masyarakat bisa diajak untuk melihat bagaimana kisah dibalik proses produksi hingga menghasilkan produk yang siap jual," ujar Yudha.

Selain itu, aktivitas lainnya, yaitu business matching diisi oleh Ilham Bahari, Meeta Fauzan, Sobag, dan Pengrajin Pelangi yang presentasi mengenai produk - produk unggulannya kepada pembeli asal Malaysia. Presentasi juga dilakukan oleh para UMKM online secara virtual.

Sebagai informasi, Pertamina senantiasa mendukung pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Lingkungan dan Sosial (TJSL), demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.

(akd/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT