Menko PMK Minta Polri Tertibkan Wisatawan Bencana di Cianjur

ADVERTISEMENT

Menko PMK Minta Polri Tertibkan Wisatawan Bencana di Cianjur

Silvia Ng - detikNews
Kamis, 01 Des 2022 17:44 WIB
Muhadjir Effendy
Muhadjir Effendy (Silvia/detikcom)
Jakarta -

Menko PMK Muhadjir Effendy meminta Polri menertibkan para pengunjung yang berada di lokasi gempa Cianjur. Hal ini termasuk pengunjung yang kerap menjadikan bencana ini bak wisata atau wisatawan bencana.

"Kemudian dari pihak Polri diminta menertibkan pengunjung di tempat bencana yang tidak diperlukan, terutama mereka-mereka yang menjadikan bencana ini setengah wisata," ujar Muhadjir dalam konferensi pers, di kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Kamis (1/12/2022).

Muhadjir mengatakan para wisatawan bencana ini ditertibkan agar tidak mengganggu upaya penanganan bencana. Dia mengatakan pemberian bantuan kepada korban ke depan cukup diserahkan di pos-pos yang ada.

"Jadi para wisata bencana nanti akan ditertibkan pihak Polri sehingga tidak mengganggu upaya kita untuk melakukan penanganan, mobilisasi peralatan, mobilisasi bantuan suplai logistik dan sebagainya," jelas Muhadjir.

"Sehingga nanti siapa saja yang akan memberikan bantuan pada pihak korban cukup diserahkan kepada pihak petugas pos masing-masing dan nanti akan diatur sedemikian rupa sehingga bisa dipertanggungjawabkan bantuan-bantuan tersebut," imbuh dia.

Pernyataan mengenai wisatawan bencana juga sebelumnya disampaikan Muhadjir saat berada di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Muhadjir tak ingin para wisatawan bencana itu mengganggu mobilisasi bantuan.

"Saya mohon tempat ini tidak dijadikan sebagai tempat setengah wisata. Jadi berkunjung ke tempat gempa sehingga membikin jalan-jalan menjadi macet. Itu mengganggu mobilisasi penyaluran bantuan yang kita lakukan," kata Muhadjir setelah mengikuti rakor dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN) Letjen TNI Suharyanto dan Kepala BPOM Penny K. Lukito, di Pendopo Kantor Bupati Cianjur, seperti dilansir Antara, Rabu (30/11).

Dia meminta warga yang akan meninjau lokasi bisa menahan diri dan tidak datang beramai-ramai ke lokasi gempa bumi di Kabupaten Cianjur. "Ya karena itu tadi, kalau hal demikian dilakukan maka akan mengganggu mobilisasi penyaluran bantuan yang akan kita lakukan," kata Muhadjir.

Simak video 'Pengungsi Korban Gempa Cianjur Mulai Alami Gangguan Kesehatan':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT