Joget Pargoy Haram Menurut Fatwa MUI Jember, Ini Penjelasan Lengkapnya

ADVERTISEMENT

Joget Pargoy Haram Menurut Fatwa MUI Jember, Ini Penjelasan Lengkapnya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 01 Des 2022 13:58 WIB
Joget Pargoy Haram menurut Fatwa MUI Jember
Joget Pargoy Haram menurut Fatwa MUI Jember | Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Fatwa tentang joget pargoy haram telah dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Jember. Aturan itu termuat dalam Tausiah Komisi Fatwa MUI Kabupaten Jember Nomor 02/MUI-Jbr/XI/2022 tentang Joget 'Pargoy' di Kabupaten Jember.

MUI Jember mengatakan fenomena joget pargoy beberapa hari ini viral dan marak ditemukan di kegiatan atau acara di Kabupaten Jember. Mempertimbangkan penyelenggaraan Parade Sound Sistem dan acara lain yang mulai ramai diselenggarakan di Kabupaten Jember yang berpotensi menggunakan joget pargoy, Komisi Fatwa MUI Kabupaten Jember menganggap perlu memberikan tausiah kepada Umat Muslim Kabupaten Jember.

Lantas, apa itu joget pargoy yang diharamkan MUI Jember? Apa alasannya dan bagaimana isi fatwa MUI Jember tersebut? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apa itu Joget Pargoy yang Diharamkan MUI Jember?

Joget pargoy adalah jenis joget atau goyang tertentu yang dilakukan sekelompok remaja, awalnya ramai di aplikasi Tiktok, namun kini sering ditemui di acara umum dan terbuka dengan diiringi musik dari sound sistem. Demikian pengertian joget pargoy seperti apa yang diharamkan menurut Fatwa MUI Jember.

Joget Pargoy Haram oleh Fatwa MUI JemberFatwa MUI Jember Joget Pargoy Haram | Foto: Fatwa MUI Jember

Asal-usul Istilah Joget Pargoy dari Partai Goyang

Sementara menurut Siti Maghfiro dari Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember yang meneliti terkait fenomena pargoy, menjelaskan tentang asal usul pargoy. Dalam penelitiannya berjudul 'Budaya Tiktok dan Perilaku Remaja di Dusun Kisik Desa Gempol', Siti menyelisik asal-usul budaya pargoy yang diketahui merupakan singkatan dari partai goyang.

Asal-usul istilah pargoy berasal dari Sumatera Barat. Istilah pargoy dipakai oleh para anak muda di Sumatera Barat untuk ajang unjuk kebolehan beramai-ramai dengan lantunan musik DJ. Karena biasanya dilakukan oleh sekumpulan orang yang banyak, maka disebutlah partai goyang.

Istilah pargoy pun menjadi populer di TikTok setelah aksi pargoy para anak muda masuk ke jajaran video For Your Page (FYP). Pargoy lantas menjadi istilah viral di TikTok. Selain itu, goyang pargoy biasanya memiliki beberapa ciri, seperti goyangan yang menonjolkan kelenturan tubuh dan lantunan musik remix DJ.

Lihat juga video 'Tanggapan MUI soal Aksi Buka Baju Widi Vierratale saat Manggung di Palu':

[Gambas:Video 20detik]



Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT