Mengintip Royal Ambarrukmo Yogya Lokasi Pernikahan Kaesang-Erina

ADVERTISEMENT

Mengintip Royal Ambarrukmo Yogya Lokasi Pernikahan Kaesang-Erina

Paradisa Nunni Megasari - detikNews
Kamis, 01 Des 2022 13:03 WIB
Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta
Foto: Hotel Royal Ambarukmo (Royal Ambarukmo)
Jakarta -

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, akan segera menikah dengan Erina Sofia Gudono. Pernikahan Kaesang dan Erina kabarnya akan digelar di Pendopo Royal Ambarrukmo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pernikahan ini akan digelar pada Sabtu (10/12/2022) pukul 13.00 WIB. Dilansir detikJateng, Royal Ambarrukmo merupakan bangunan warisan bekas Kediaman Istana Kerajaan dan saksi era hari kemerdekaan Indonesia. Bangunan ini menampilkan karya arsitektur Jawa autentik dari abad ke-18.

Terdapat 7 area di dalam kompleks Royal Ambarrukmo atau Kedhaton Ambarrukmo, yaitu Pendopo Agung, Ndalem Ageng, Bale Kambang, Gandhok, Pacaosan, dan Alun-alun.

Berikut serba-serbi mengenai Royal Ambarrukmo yang bakal jadi lokasi pernikahan Kaesang-Erina.

Pendopo Agung Ambarrukmo

Dikutip dari situs resmi Royal Ambarrukmo, Kedhaton Ambarrukmo dibangun berdasarkan tradisi Jawa yang kuat. Tiap bagian dari keseluruhan kompleks di wilayahnya memiliki fungsi yang berbeda dan terdapat makna filosofis tertentu serta doa-doa yang mewakili nilai-nilai agama, kepercayaan, dan norma budaya Jawa.

Pendopo Agung merupakan bangunan semi outdoor tanpa dinding yang melambangkan keterbukaan raja kepada seluruh rakyatnya. Lantai yang dibuat lebih tinggi dari halaman mencerminkan penghargaan kepada semua tamu dan keakraban dengan harmoni.

Pendopo Agung dibangun sejak 1857 oleh Sultan Hamengku Buwono VI. Pendopo Agung tidak mengalami perubahan bentuk melainkan lebarnya. Bentuk dasarnya adalah 'Joglo Sinom' dengan ukuran 32 x 32,4 meter, mengarah ke selatan.

Baca berita selengkapnya di sini.

Lihat juga video 'Cantiknya Taman Pracima di Pura Mangkunegaran':

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT