Wagub Uu ke Korban Gempa Cianjur: Jangan Diam di Tenda, Hidup Normal Lagi

ADVERTISEMENT

Wagub Uu ke Korban Gempa Cianjur: Jangan Diam di Tenda, Hidup Normal Lagi

Rifat Alhamidi - detikNews
Kamis, 01 Des 2022 11:08 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum.
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum (Rifat Alhamidi/detikJabar)
Bandung -

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyarankan kepada warga yang terdampak gempa Cianjur untuk memulai kehidupannya secara normal kembali. Berdasarkan data hingga Rabu (30/11/2022), pukul 17.00 WIB, sebanyak 109.386 warga Cianjur masih bertahan pengungsian.

Saran tersebut Uu sampaikan usai menerima usulan dari DPRD Jabar dalam rapat paripurna. Menurutnya, warga di Cianjur harus mulai beraktivitas agar tak berlarut-larut bertahan di tenda pengungsian.

"Yang biasa bekerja, sekarang jangan diam di tenda. Yang ke sawah silakan ke sawah, yang biasa masar silakan masar, jadi hidup normal lagi. Itu supaya tidak sampai dia diam di pengungsian, akhirnya jadi stres," kata Uu saat ditemui wartawan di DPRD Jabar, seperti dilansir detikJabar.

Di sisi lain, Uu memastikan penyaluran bantuan untuk penyintas gempa Cianjur sudah tersentuh seluruhnya. Ia menegaskan, akses untuk distribusi bantuan kini sudah bisa dijangkau bahkan ke beberapa daerah pelosok di Kabupaten Cianjur.

"Nah itu, yang di pelosok yang belum mendapatkan, sebenarnya udah dicek, semua sudah mendapatkan. Jadi tidak ada daerah yang belum mendapatkan bantuan karena sekarang jalan sudah bisa akses," ucapnya.

Selain fokus terhadap distribusi bantuan, Pemprov Jabar, kata Uu, mulai memberi trauma healing bagi penyintas gempa Cianjur di pengungsian. Selanjutnya, pembersihan puing-puing reruntuhan rumah bakal dilakukan di pemukiman yang masih bisa ditempati, supaya warga bisa kembali lagi dan melakukan aktivitasnya seperti biasa.

Baca selengkapnya di sini

Simak Video 'Bupati Cianjur Imbau Warga di Pengungsian Kembali ke Rumah Secara Bertahap':

[Gambas:Video 20detik]

(idh/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT