Heboh Air Menyembur Deras dari Sungai Bawah Tanah di Gunungkidul

ADVERTISEMENT

Heboh Air Menyembur Deras dari Sungai Bawah Tanah di Gunungkidul

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 01 Des 2022 10:22 WIB
Unggahan akun @trcbpbddiy soal fenomena air menyembur dari dalam tanah di Gunungkidul, Rabu (30/11/2022).
Foto: Tangkapan Layar
Gunungkidul -

Beredar video semburan air dari bawah tanah di Pedukuhan Puncangsari, Kelurahan Candirejo, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Kejadian itu menghebohkan warga sekitar.

Dilansir detikJateng, salah satu yang mengunggah video tersebut di Twitter adalah akun @trcbpbddiy. Dijelaskan, semburan itu muncul dari sistem sungai bawah tanah.

"Fenomena unik setiap kejadian banjir beberapa lokasi di Gunungkidul; semburan air dari sungai bawah tanah. Lok : Pucangsari, Candirejo Semanu. Merupakan doline, dan bagian inlet dari sistem sungai bawah tanah. Selalu berhati2 dan waspada kebencanaan," tulis akun itu memberikan penjelasan video seperti yang dilihat detikJateng, Rabu (30/11/2022).

Awalnya, Ketua RT 3 Pucangsari Tukimin mendengar suara gemuruh pada Rabu (30/11), sekitar pukul 05.00 WIB. Lalu, ia bersama beberapa orang mengecek sumber suara tersebut.

Sampai di lokasi kejadian, warga terkejut mendapati semburan air dari bawah tanah. Semburan air disebut mencapai 6 meter.

"Nah, selang 5-10 menit itu air baru menyembur ke atas, tingginya sekitar 5-6 meter. Semburan air berlangsung sekitar setengah jam, dan dari dalam tanah itu seperti ada suara gemuruh saat air menyembur," ujarnya.

Disebut, kejadian itu bukanlah yang pertama di Gunungkidul. Pada 2017, saat itu, hujan deras mengguyur Gunung Kidul, hingga beberapa hari, dan menyebabkan beberapa rumah warga terendam.

Simak selengkapnya di sini.

Simak juga 'Heboh Semburan Lumpur Bergemuruh Terjadi di Napan NTT':

[Gambas:Video 20detik]

(aik/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT