Di Depan Anak Muda, Ganjar Bicara Bagaimana Menjadi Pemimpin Masa Kini

ADVERTISEMENT

Di Depan Anak Muda, Ganjar Bicara Bagaimana Menjadi Pemimpin Masa Kini

Dea Duta Aulia - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 22:35 WIB
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan ada sejumlah hal yang mesti diperhatikan untuk menjadi pemimpin masa kini. Pasalnya, terdapat banyak permasalahan yang kompleks dan harus diselesaikan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ganjar Pranowo saat menghadiri talkshow 'Leading With Style' yang diselenggarakan oleh PermataBank di The Ritz-Carlton Hotel, Jakarta, hari ini. Turut hadir yang menjadi pembicara di acara tersebut yakni Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak.

"Saya melihat keresahan anak muda, masa depannya seperti apa dan mereka berharap ada leader dari daerah yang menginspirasi bisa memberikan solusi. Mereka ingin mendapatkan satu ruang yang paling merepresentasikan perhatian. Kedua, mereka butuh akses. Ketiga gaya komunikasi mereka tidak suka yang formal," kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Rabu (30/11/2022).

Ia menjelaskan saat ini para pejabat pemerintahan maupun pemimpin harus sensitif terhadap apa yang diinginkan masyarakat, termasuk kalangan generasi milenial yang telah melek teknologi sejak dini.

Menurutnya, pemimpin harus mampu menyerap aspirasi anak muda dengan baik agar lahir entrepreneur muda. Hal itu bisa dilakukan dengan cara menghadirkan kebijakan berdasarkan suara generasi muda.

"Itu adalah tren-tren hari ini yang pemerintah seperti saya punya kepekaan terhadap itu. Bahwa dunia ini sudah berubah, maka cara membuat program, cara memfasilitasi pun harus menyesuaikan pada mereka. Mereka butuh didekati dari ide-idenya dan pemerintah membuat kebijakan publik berdasarkan apa yang disuarakan mereka," katanya.

Ia mencontohkan salah satu program yang pernah dijalankan yakni dengan menghadirkan belasan Hetero Space di jawa Tengah. Hetero Space adalah ruang atau wadah bagi anak muda yang ingin berkarya, berinovasi, dan menunjukkan talenta lainnya untuk ditunjukkan ke publik.

Menurutnya, semakin banyak aspirasi yang terserap serta fasilitas yang disediakan pemerintah untuk anak muda, maka lahirnya generasi Indonesia Emas 2045 dapat terwujud dengan mudah.

"Mereka hanya butuh ruang dan kesempatan kok, kalau mereka kita fasilitasi maka mereka akan berlari kencang. Maka 2045 akan muncul anak muda dengan entrepreneur yang spirit-nya hebat, kemauan tinggi dan selalu inovatif karena zamannya kan juga berubah," tutup Ganjar.

(akn/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT