Wapres Serahkan 2.496 Sertifikat Kompetensi Kerja di Papua

ADVERTISEMENT

Wapres Serahkan 2.496 Sertifikat Kompetensi Kerja di Papua

Sukma Nur Fitriana - detikNews
Selasa, 29 Nov 2022 21:28 WIB
Wapres Serahkan 2.496 Sertifikat Kompetensi Kerja di Papua
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyerahkan sertifikat kompetensi kepada 2.496 peserta lulusan pelatihan vokasi dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) di Papua. Sertifikat tersebut dinilai sebagai bekal penting para peserta untuk memasuki dunia kerja.

"Sertifikat ini menunjukkan bahwa seseorang sudah dianggap kompeten dan siap masuk dunia kerja," kata Ma'ruf Amin di sela-sela kunjungan kerjanya di Provinsi Papua seperti dalam keterangan tertulis, Selasa (29/11/2022).

Usai menyerahkan sertifikat, Ma'ruf Amin mengunjugi pameran hasil pelatihan vokasi dari Unit Pelayanan Terpadu Perdagangan (UPTP) BPVP Sorong dan Balai Latihan Kerja Komunitas (BLK-K) di Gedung Keuangan Negara, Papua. Pameran tersebut digelar sebagai bagian dari strategi Kemandirian BLK-K sesuai dengan peta jalan kemandirian BLK-K.

Pameran yang diselenggarakan Kemnaker ini diikuti sebanyak 7 BLK-K baik dari wilayah Papua dan Indonesia timur sesuai bidang kejuruannya, yaitu desain mode, kejuruan processing, kejuruan TIK, kejuruan barista, dan kejuruan pengolahan hasil perikanan.

"Ini perlu dicarikan akses permodalan dan pendampingan dalam penjualan produk hasil pelatihan vokasi di BLK Komunitas," ucap Ma'ruf Amin.

Di sisi lain, Direktur Bina Kelembagaan Pelatihan Vokasi Direktorat Jenderal Bina Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemnaker, Agung Nur Rohmad menjelaskan tahapan dalam proses kemandirian BLK-Komunitas di awali dengan penguatan akuntabilitas lembaga, peningkatan profesionalitas manajemen, peningkatan mutu pelatihan, dan penajaman orientasi pelatihan.

Menurutnya, guna mewujudkan kemandirian BLK-K, pihaknya telah melakukan strategi dengan mengklasifikasi seluruh BLK komunitas menjadi 3 klasifikasi, yaitu klasifikasi tumbuh, berkembang, dan mandiri.

"Strategi lain yang kami lakukan, yaitu dengan melakukan pembinaan dan menjalin kemitraan dari level nasional maupun lokal dalam upaya memberdayakan alumni pelatihan BLK komunitas. (Hal ini) dalam hal pendanaan pelatihan maupun fasilitasi pemasaran produk barang atau jasa," tandasnya.

(akd/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT