Tanpa Keluarkan Biaya, JKN Bantu Hoslipah Melahirkan Anak Ketiga

ADVERTISEMENT

Tanpa Keluarkan Biaya, JKN Bantu Hoslipah Melahirkan Anak Ketiga

Sukma Nur Fitriana - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 08:41 WIB
Peserta BPJS Kesehatan
Foto: dok. BPJS Kesehatan
Jakarta -

Adanya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) membuat akses layanan kesehatan semakin mudah. Dengan Program JKN, masyarakat tidak perlu lagi memikirkan biaya untuk berobat, termasuk saat persalinan.

Hal itu dirasakan langsung oleh Hoslipah, salah satu peserta JKN yang tinggal di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Ia mengaku merasakan manfaat Program JKN tersebut saat melakukan persalinan di bidan dekat rumahnya.

"Saya sangat bersyukur dengan adanya BPJS Kesehatan ini. Waktu itu saya melahirkan anak ketiga di bidan dekat rumah. Saya merasakan pelayanannya sangat baik dan proses persalinannya juga lancar. Terus juga saya sama sekali tidak mengeluarkan uang sepeserpun," ujar Hoslipah dalam keterangan tertulis, Selasa (29/11/2022).

Menurut Hoslipah, Program JKN ini sangat penting bagi dirinya dan keluarga. Pasalnya, ia dan keluarga pernah merasakan beratnya biaya berobat saat salah satu anggota keluarganya melakukan tindakan operasi tanpa menggunakan jaminan Program JKN.

"Bagi kami sangat penting menjadi peserta BPJS Kesehatan ini, karena berobat itu tidak murah. Kalau kita nanti ada penyakit yang harus ditangani dengan serius, itu kan membutuhkan biaya yang sangat banyak. Makanya kita perlu menjadi peserta BPJS Kesehatan. Pengalaman saya waktu itu, ada salah satu keluarga yang melakukan operasi. Biayanya sampai puluhan juta dan itu menggunakan biaya sendiri," katanya.

Setelah kejadian tersebut, dirinya dan keluarga menjadi sadar akan pentingnya Program JKN. Ia dan keluarga segera mendaftar sebagai peserta JKN. Hoslipah pun berharap Program JKN ini tetap berjalan dengan baik dan semoga dapat memberikan keberkahan untuk masyarakat seluruh Indonesia.

(prf/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT