Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik, Simak Langkah-langkahnya

ADVERTISEMENT

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik, Simak Langkah-langkahnya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Selasa, 29 Nov 2022 22:23 WIB
Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja? Surat lamaran kerja yang baik disusun dengan memperhatikan struktur-struktur penulisan. Simak informasinya.
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/west)
Jakarta -

Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja? Setiap pelamar kerja wajib memiliki surat lamaran kerja yang akan diberikan kepada perusahaan yang dituju. Tidak hanya surat lamaran kerja, pelamar kerja juga wajib mempunyai CV (Curriculum Vitae).

Surat lamaran kerja yang baik disusun dengan memperhatikan struktur-struktur penulisan. Berikut ini ulasan tentang surat lamaran kerja, mulai dari pengertian, isi, dan cara penyusunannya.

Cara-cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Mengutip dari buku berjudul 30 Hari Mencari Kerja yang ditulis oleh M. Hariwijaya, surat lamaran (application letter) adalah suatu surat yang ditulis dengan tujuan agar dapat diterima bekerja sesuai dengan jabatan yang diinginkan oleh pelamar. Sebuah surat lamaran kerja harus dibuat dengan baik untuk menarik minat penyeleksi (HRD).

Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja? Surat lamaran kerja yang baik disusun dengan memperhatikan struktur-struktur penulisan. Simak informasinya.Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja? Surat lamaran kerja yang baik disusun dengan memperhatikan struktur-struktur penulisan. Simak informasinya. (Foto: unsplash)

Berikut adalah langkah-langkah membuat surat lamaran kerja.

  1. Tampilkan diri Anda yang wajar, jujur, dan profesional di dalam surat lamaran kerja
  2. Sebutkan pengumuman pendaftaran yang dilamar secara jelas
  3. Ceritakan secara ringkas terkait apa yang mendorong Anda untuk melamar pekerjaan itu
  4. Tuliskan bagaimana Anda secara pribadi merasa akan berkembang dan berkontribusi untuk perusahaan yang dilamar
  5. Surat lamaran kerja harus dapat menginformasikan penawaran Anda ke perusahaan yang dilamar dengan kalimat singkat dan jelas sehingga penyeleksi dapat mengenal Anda hanya dengan membaca surat lamaran yang Anda ajukan
  6. Jangan membuat surat lamaran terlalu panjang, satu lembar sudah cukup
  7. Penggunaan gaya bahasa harus lugas, sopan, dan singkat padat
  8. Masukkan aspek-aspek positif dalam diri kita untuk meyakinkan bagian personalia (HRD)
  9. Sertakan lampiran yang diminta sebagai syarat melamar pekerjaan tersebut.

Isi Surat Lamaran Kerja

Sebelum membuat surat lamaran kerja, pastikan Anda sudah mengetahui bagian-bagian dokumen tersebut. Isi dalam surat lamaran kerja adalah sebagai berikut.

  • Alamat pengirim: Dicantumkan di sebelah kanan atas
  • Tanggal surat: Dicantumkan dua atau tiga baris di bawah alamat pengirim
  • Alamat surat: Nama perusahaan ditulis lengkap pada baris pertama, diikuti nama gedung pada baris kedua dan nama jalan pada baris berikutnya
  • Salam pembuka: Dalam bahasa Indonesia, cukup gunakan kata "Dengan hormat", sedangkan dalam bahasa Inggris, ditujukan kepada bagian tertentu, misalnya ke personalia gunakan kata "Dear Sir"
  • Isi surat: paragraf pembuka, tubuh surat, paragraf penutup
  • Salam penutup: Ditempatkan dua atau tiga spasi di bawah baris terakhir isi surat, sedagkan tulisan tangan salam penutup diletakkan dua atau tiga baris di bawah baris terakhir isi surat.

Apa Bedanya Surat Lamaran Kerja dengan CV?

Setelah mengetahui cara membuat surat lamaran kerja, informasi lain yang perlu diketahui adalah perbedaan surat lamaran kerja dengan CV. Keduanya merupakan dokumen penting untuk melamar pekerjaan di perusahaan, namun terdapat perbedaan pada isi surat lamaran kerja dan CV.

Surat lamaran kerja berisi tawaran Anda ke perusahaan yang dilamar, sedangkan CV berisi informasi tentang diri Anda.

(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT