Viral Klub Motor Konvoi hingga Tutup JLNT Casablanca, Polisi: Membahayakan!

ADVERTISEMENT

Viral Klub Motor Konvoi hingga Tutup JLNT Casablanca, Polisi: Membahayakan!

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 29 Nov 2022 17:23 WIB
Pemotor kebut-kebutan di JLNT Casablanca
Foto: Screenshot instagram @merekamjakarta
Jakarta -

Sebuah video memperlihatkan rombongan pemotor mengakses jalan layang viral di media sosial. Disebut-sebut, lokasinya di JLNT Casablanca, Jakarta.

Dalam video viral itu terlihat puluhan pemotor berhenti di tengah jalan raya. Aksi yang terjadi pada Jumat (25/11) malam ini bahkan menutup satu ruas jalan di lokasi.

Tidak lama kemudian, para pengendara motor kemudian saling memacu kendaraannya. Bunyi bising knalpot terdengar dari laju puluhan pemotor tersebut.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jhoni Eka Putra mengatakan aksi para pemotor itu tidak dapat dibenarkan. Motor dilarang melintas di JLNT Casablanca.

"Jadi itu nggak boleh, kan itu peruntukannya untuk kendaraan roda empat, bukan roda dua. Pertama itu membahayakan dia juga kalau out of control bisa jatuh makanya dilarang itu motor," kata Jhoni saat dihubungi, Selasa (29/11/2022).

Jhoni mengatakan aksi pemotor di video viral itu pun bisa dikategorikan sebagai tindakan balap liar. Tindakan itu bisa langsung dikenai tilang secara manual.

"Sekarang ini kalau tilang harus pakai elektronik tapi kalau manual bisa saja kalau seperti itu kondisinya. Kan itu udah balap liar namanya bisa saja tilang manual," katanya.

Dia menambahkan ada dua jenis pelanggaran yang dilakukan rombongan pemotor tersebut. Mereka melanggar aturan rambu hingga balap liar di ruas jalan umum.

"Itu balap liar di Pasal 297 bisa kena. Balap liar dia kena, lalu pelanggaran rambu," pungkas Jhoni.

(ygs/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT