Peran Raffi Ahmad di Balik Acara Relawan Jokowi di GBK

ADVERTISEMENT

Peran Raffi Ahmad di Balik Acara Relawan Jokowi di GBK

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 29 Nov 2022 08:28 WIB
Presiden Joko Widodo menyapa relawan saat menghadiri acara Gerakan Nusantara Bersatu: Satu Komando Untuk Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/11/2022). Gerakan Nusantara Bersatu dari berbagai elemen relawan Jokowi itu untuk menyelaraskan persepsi barisan satu komando di bawah arahan Presiden Joko Widodo. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nym.
Presiden Jokowi menyapa relawan saat menghadiri acara Gerakan Nusantara Bersatu yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (26/11) (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Jakarta -

Acara relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) disorot sejumlah pihak. Raffi Ahmad mengungkap acara Nusantara Bersatu tersebut digelar perusahaannya, RANS.

"Alhamdulillah 150 ribu orang datang, RANS yang bikin, keren!" kata Raffi Ahmad dalam video yang diunggah di akun Instagramnya, @raffinagita1717, seperti dilihat, Senin (28/11/2022).

Raffi mengunggah video tersebut pada Sabtu (26/11). Dalam video, terlihat Raffi berada di Stadion GBK saat acara Nusantara Bersatu tersebut masih berjalan.

"Nusantara bersatu mantap untuk Pak Presiden," ucap Raffi sambil mengacungkan jempol.

Raffi Ahmad menyebut acara itu lebih dari Piala Dunia. "Ini lebih dari piala dunia guys," kata Raffi.

Dalam keterangan video tersebut, Raffi mengaku bangga atas keterlibatan RANS dalam acara tersebut.

"Nusantara Bersatu alhamdulillah 150-200 ribu yang hadir untuk Presiden Jokowi, keren dan bangga RANS berkesempatan menjadi bagian untuk kesuksesan acara ini," ucapnya.

Nusantara Bersatu Digelar di GBK

Untuk diketahui, acara relawan yang dihadiri Jokowi itu digelar pada Sabtu (26/11). Acara itu diinisiasi oleh Gerakan Nusantara Bersatu.

Acara itu mendapat kritik dari sejumlah pihak, salah satunya mantan Kepala Sekretariat Direktorat Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Jay Octa, yang menilai tidak etis menyelenggarakan acara itu di tengah suasana duka gempa Cianjur.

"Menolak di adakannya acara foya-foya, ketika rakyat masih di berduka. Duka pandemi, duka obat anak, duka bencana, duka kelaparan akibat 3 tahun tidak bisa bekerja dan PHK" kata Jay dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (26/11/2022).

Kritik juga datang dari anggota DPR RI Fraksi PDIP Deddy Yevri Sitorus. Dia mengecam acara relawan yang dihadiri Jokowi. Dia menilai acara yang digelar relawan itu hanya merendahkan kepemimpinan Presiden Jokowi.

"Saya minta jangan lagi menjebak Pak Jokowi, beliau Presiden RI dan bukan presiden relawan. Jangan demi ambisi kekuasaan dan materi, para relawan melakukan manuver-manuver yang di luar ruang lingkupnya sehingga malah merugikan kewibawaan Pak Jokowi," kata Deddy Sitorus dalam keterangannya, Minggu (27/11).

Dia menyebut Jokowi terpaksa hadir di acara tersebut. Deddy memastikan PDIP tidak akan membiarkan pihak-pihak yang berupaya merugikan martabat Jokowi. Dia memastikan pihaknya akan mengawal kepemimpinan Jokowi sampai tuntas.

"Saya yakin Pak Jokowi terpaksa datang ke acara itu, bukan kemauan beliau," lanjutnya.

Terkait kritik yang datang, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku tidak tahu. Menurutnya, acara itu hanya bentuk silaturahmi.

"Lha kenapa to (disentil), lha ngopo to? (lha kenapa). Enak, itu silaturahmi saja," kata Gibran di Balai Kota Solo, dilansir detikJateng, Senin (28/11).

Menurutnya, acara pertemuan relawan Jokowi itu hanya silaturahmi saja dan tidak ada deklarasi maupun acara politik lainnya. Putra sulung Presiden Jokowi itu juga mengaku kehadirannya di GBK dalam acara itu tidak direncanakan sebelumnya.

Lihat juga video '31 Ton Sampah Usai Acara Relawan, Politikus PDIP: Cederai Wibawa Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT