Hari Dongeng Nasional 28 November: Sejarah dan Cara Peringati

ADVERTISEMENT

Hari Dongeng Nasional 28 November: Sejarah dan Cara Peringati

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Senin, 28 Nov 2022 17:45 WIB
Hari Dongeng Nasional 28 November
Hari Dongeng Nasional 28 November | Foto: Getty Images/iStockphoto/globalmoments
Jakarta -

Tahukah kamu Hari Dongeng Nasional? Hari Dongeng Nasional adalah hari yang diperingati secara nasional untuk merayakan dongeng sebagai salah satu karya sastra yang terkenal dan banyak digemari di Indonesia.

Kapan peringatan Hari Dongeng Nasional? Hari Dongeng Nasional diperingati pada tanggal 28 November setiap tahunnya. Sejarah penetapan Hari Dongeng Nasional 28 November erat kaitannya dengan sosok Drs. Suyadi yang dikenal sebagai Pak Raden.

Lantas, bagaimana sejarah awal mula Hari Dongeng Nasional? Bagaimana cara memperingati Hari Dongeng Nasional setiap 28 November? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak serba-serbinya berikut ini.

Sejarah Hari Dongeng Nasional 28 November

Melansir situs resmi Kemdikbud, sejarah awal mula Hari Dongeng Nasional pertama kali ditetapkan pada tahun 2015 oleh Kemdikbud. Hal ini berangkat dari inisiatif masyarakat untuk menghidupkan kembali penggunaan dongeng dan cerita anak dengan menetapkan Hari Dongeng Nasional. Kemdikbud pun mengapresiasi dan mendukung inisiatif tersebut dengan mendeklarasikan Hari Dongeng Nasional 28 November.

Pada 28 November 2015, Deklarasi Hari Dongeng Nasional diselenggarakan di Perpustakaan Kemendikbud, Jakarta, bersama Forum Dongeng Nasional dan komunitas lainnya. Deklarasi Hari Dongeng Nasional dilakukan serentak di berbagai kota, yang dilakukan oleh puluhan pendongeng, komunitas dongeng, serta komunitas literasi yang secara sukarela mendukung penuh inisiatif ini.

Kemdikbud menetapkan tanggal 28 November 2015 sebagai Hari Dongeng Nasional. Tanggal tersebut bertepatan dengan hari kelahiran Drs. Suyadi atau yang biasa dikenal sebagai Pak Raden. Beliau merupakan seorang legenda dongeng Indonesia.

Hari Dongeng Nasional 28 NovemberHari Dongeng Nasional 28 November | Foto: Dok. Istimewa

Sosok di Balik Peringatan Hari Dongeng Nasional

Drs. Suyadi atau Pak Raden adalah sosok di balik penetapan Hari Dongeng Nasional 28 November. Mendikbud mengatakan, Pak Raden adalah sosok multitalenta, yang pandai mendongeng juga melukis. Rasa cintanya yang besar kepada anak-anak Indonesia begitu menginspirasi banyak orang.

Tidak ada satupun pendongeng modern Indonesia yang tidak mengidolakan dan meneladani sosok Pak Raden. Karya-karyanya telah menjadi teman masa kecil bagi beberapa generasi bangsa. Hingga pada akhir hayatnya, Pak Raden terus berpartisipasi, berkontribusi, dan berjuang dalam menghadirkan dongeng di tengah masyarakat.

Melansir situs resmi BPAD Jogja, Drs. Suyadi lahir pada 28 November 1932 di Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Suyadi menyelesaikan studi di Fakultas Seni Rupa di Institut Teknik Bandung (ITB) Bandung. Pada 1961-1963, Suyadi meneruskan studi animasi di Prancis.

Sejak mahasiswa, Suyadi sudah menghasilkan sejumlah karya berupa buku cerita anak bergambar dan film pendek animasi. Keistimewaan Suyadi tidak hanya membuat ilustrasi, tapi juga mempunyai kemampuan menulis ceritanya sendiri.

Berikut ini dua karya Suyadi alias Pak Raden yang menarik perhatian pemerintah:

  • Si Unyil
  • Laptop Si Unyil

Cara Memperingati Hari Dongeng Nasional

Ada banyak cara dan kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka memperingati Hari Dongeng Nasional setiap 28 November. Berikut ini rekomendasi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk berpartisipasi dalam merayakan Hari Dongeng Nasional:

  • Mengedukasi diri dan orang lain akan pentingnya manfaat karya dongeng dan cerita anak Indonesia
  • Berpartisipasi dalam berbagai acara atau kegiatan dengan tema Hari Dongeng Sedunia 28 November
  • Turut serta dalam kegiatan mendongeng atau bercerita di Hari Dongeng Nasional tanggal 28 November
  • Membagikan informasi tentang Hari Dongeng Nasional 28 November di media sosial masing-masing
  • Memasang twibbon Hari Dongeng Nasional 28 November dengan ucapan Selamat Hari Dongeng Nasional.

Demikian informasi seputar Hari Dongeng Nasional yang diperingati pada tanggal 28 November setiap tahunnya. Semoga bermanfaat!

(wia/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT