Puan Ungkap Panglima TNI Jenderal Andika Masuk Masa Pensiun 21 Desember

ADVERTISEMENT

Puan Ungkap Panglima TNI Jenderal Andika Masuk Masa Pensiun 21 Desember

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 28 Nov 2022 16:45 WIB
Puan Maharani terima surpres pergantian Panglima TNI
Puan Maharani terima surpres pergantian Panglima TNI (Firda/detikcom)
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani memastikan DPR RI telah menerima surat presiden (surpres) terkait pergantian Panglima TNI. Puan menyebut Panglima TNI saat ini Jenderal Andika Perkasa akan mulai masuk masa pensiun pada 21 Desember 2022.

Puan menjelaskan pihaknya baru menerima surpres pergantian Panglima TNI pada hari ini. Dia menyebut surpres itu diserahkan langsung oleh Mensesneg Pratikno kepada para pimpinan DPR RI.

"Surpres baru dikirim secara langsung yang menjadi utusannya adalah Pak Pratikno langsung untuk serahkan secara langsung kepada Ketua DPR bersama pimpinan DPR lainnya, terkait pergantian atau pengangkatan Panglima TNI yang baru," kata Puan saat konferensi pers di DPR, Senin (28/11/2022).

Puan mengatakan surpres tersebut berisikan nama yang diajukan untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Dia menyebut Jenderal Andika Perkasa akan mulai masuk masa pensiun pada 21 Desember 2022.

"Yang mana nantinya Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun pada tanggal 21 Desember dan memasuki masa pensiun sebagai TNI pada tanggal 1 Januari 2023," ucapnya.

Dia menyebut selanjutnya pihaknya akan meminta Komisi I DPR, sebagai komisi terkait, untuk melakukan proses lebih lanjut terkait nama yang diajukan dalam surpres tersebut. Menurutnya, DPR RI masih punya cukup waktu.

"Artinya DPR masih mempunyai waktu yang cukup untuk kemudian melaksanakan sesuai mekanisme yang ada di DPR untuk melakukan pengangkatan dan pergantian Panglima TNI yang akan datang sesuai UU yang ada dan mekanisme yang ada," ujar dia.

(maa/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT