Cegah Stunting, EPN-BKKBN Gelar Penyuluhan Gizi Seimbang di Samarinda

ADVERTISEMENT

Cegah Stunting, EPN-BKKBN Gelar Penyuluhan Gizi Seimbang di Samarinda

Inkana Putri - detikNews
Senin, 28 Nov 2022 16:30 WIB
Elnusa
Foto: Elnusa
Jakarta -

PT Elnusa Petrofin (EPN) menggelar 'Penyuluhan Pentingnya Gizi Seimbang untuk Pencegahan Stunting bagi Anak' di Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Sabtu (26/11). Kegiatan ini ditujukan bagi kader Posyandu, PKK dan ibu rumah tangga yang tinggal di sekitar perusahaan.

Dalam kegiatan ini, EPN menggandeng Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Timur sebagai pengisi acara. Kegiatan yang dihadiri 80 peserta, ini juga melibatkan Persatuan Istri Awak Mobil Tangki Fuel Terminal Samarinda 'Al-Husna'.

Head of Corporate Communication & BoD Support, Putiarsa Bagus Wibowo mengungkapkan kegiatan tersebut merupakan upaya perusahaan dalam meningkatkan kualitas kesehatan dan edukasi gizi masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Petrofin Peduli dengan pilar #PetrofinSehat.

"Kasus kekurangan gizi atau gizi buruk yang masih terjadi di masyarakat tentu sangat mempengaruhi kualitas generasi penerus bangsa karena mempengaruhi tumbuh kembang mereka. Hal ini terjadi akibat asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Oleh karena itu, Elnusa Petrofin menginisiasi untuk terus memberikan penyuluhan dimana makanan yang berprotein tinggi dan bergizi dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat dengan mudah dan murah di pasaran," ujar Putiarsa dalam keterangan tertulis, Senin (28/11/2022).

Lebih lanjut, Arsa mengatakan program Petrofin Peduli Pencegahan Stunting telah dimulai bertahap sejak 2020. Kegiatan ini secara serentak juga dilakukan setiap tahunnya di seluruh unit operasi EPN, khususnya setiap bulan November.

Arsa menilai kegiatan ini sejalan dengan target pencapaian poin ke 3 Sustainable Development Goals (SDG's), yaitu menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan bagi semua orang di segala usia.

Kegiatan ini juga merupakan upaya EPN dalam mendukung program pemerintah dalam pencegahan stunting, baik melalui penyuluhan, pemberian makanan tambahan bergizi dan asupan vitamin. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan anak di seluruh wilayah Indonesia.

"Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat di Kota Samarinda untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pola asuh anak dan pemilihan makanan yang baik dalam rangka pemenuhan kualitas gizi bagi keluarga mereka serta semua elemen masyarakat terus bersinergi untuk mencegah dan mengurangi kasus stunting di Indonesia," urainya

Sementara itu, Sekretaris Camat Sungai Kunjang, Dili Satria menyampaikan terima kasih kepada PT Elnusa Petrofin yang telah menggelar kegiatan ini. Satria berharap kegiatan ini dapat terus dikembangkan untuk membantu pemerintah dalam mencegah stunting dan menciptakan anak-anak yang sehat dan berkarakter di wilayah tersebut.

Senada dengan Satria, Kepala Puskesmas Wonorejo, dr. Yenny Indrawati turut mengapresiasi langkah Elnusa Petrofin atas upayanya dalam meningkatkan pengetahuan bagi masyarakat, khususnya pada kader posyandu di Kelurahan Teluk Lerong Ulu.

"Terima kasih untuk Elnusa Petrofin yang telah memberikan perhatiannya kepada Lembaga-lembaga yang ada di Kelurahan ini terutama para kader posyandu dimana masih banyak yang kurang mengerti bagaimana pencegahan stunting ini. Semoga kolaborasi dapat berjalan lebih jauh lagi dengan pendampingan kepada masyarakat guna membantu menurunkan angka stunting di wilayah Samarinda," pungkasnya.

Sebagai informasi, turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Camat Sungai Kunjang Dili Satria, Kepala Puskesmas Wonorejo Dr. Yenny Indrawati, Lurah Teluk Lerong Ulu Anton Sulistyo, Babinsa Teluk Lerong Ulu Surata, PKK Kelurahan Teluk Lerung Ulu, Fuel Terminal Manager Samarinda PT Pertamina Patra Niaga Erik Imam Kasmianto dan Persatuan Wanita Patra (PWP) Fuel Terminal Samarinda serta masyarakat sekitar.

(akn/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT